Mohon tunggu...
Pengusaha Muda
Pengusaha Muda Mohon Tunggu... mencoba menjadi pengusaha

halo!

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Bangkit dari Kegagalan Berbisnis

17 Mei 2019   16:18 Diperbarui: 17 Mei 2019   16:25 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kegagalan dapat dialami oleh pengusaha pemula ataupun yang sudah berpengalaman. Bedanya jika pengusaha pemula biasanya lebih banyak melakukan kegagalan dibangingkan pengusaha yang sudah berpengalaman. Namun, di balik kegagalan tersebut terdapat nilai positif yang dapat diambil yaitu pengalaman serta mental yang lebih kuat untuk menghadapi tantangan kedepannya.

Namun, untuk mendapatkan pikiran positif tidaklah mudah, karena kita harus tidak boleh menyerah. Timothy Tandiokusuma CEO Black Boulder Capital dimana ia pernah mengalami kegagalan namun ia dapat mengatasi kegagalan tersebut. Maka dari itu penting untuk memiliki mental yang kuat dan bangkit dari keterpurukan. Ada cara cepat bangkit dari kegagalan usaha yang perlu Anda ketahui, berikut daftarnya:

Evaluasi Diri

Setelah menjernihkan pikiran, mulailah untuk melakukan evaluasi diri untuk melihat apa penyebab kegagalan yang telah terjadi. Berbagai macam dapat dijadikan alasan seperti sistem yang kurang terbangun, produk kurang inovatif, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda harus  membuka diri agar orang lain dapat memberikan masukan kepada usaha Anda.

Perbaiki Mindset

Saat anda mengalami kegagalan, tetaplah tenang dan jangan menyalahkan orang lain yang bersinggungan dengan bisnis anda. Anggap kegagalan -- kegagalan tersebut menjadi pelajaran untuk anda agar mencapai kesuksesan. Banyak perusahaan yang mengalami kegagalan sebelum ia mencapai eksistensinya sejauh sekarang. Perbaiki mindset bahwa kegagalan bisa menimpa siapa saja dan kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

Ambil Pelajaran dari Kegagalan

Mengambil satu pelajaran dari penyebab kegagalan merupakan salah satu penerapan dari berpikiran positif. Kegagaln yang anda alami, bukannya anda tidak akan pernah sukses, melainkan anda belum menemukan sesuatu yang sesuai dengan usaha anda. Anda perlu mengevaluasi sebab dan akibat dari permasalahan perusahaan anda.

Lebih Tekun Lagi

Jika pengusaha memiliki ketekunan, hal itu akan mendekatkan ia kepada kesuksesan dalam usahanya. Dalam usaha memerlukan rencana, action, evaluasi dan siap ketekunan. Ketekunan berguna untuk menghadapi masalah, agar memiliki jiwa yang tegar ketika memiliki kesusahan dalam usaha anda.

Berkerja Lebih Keras

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x