Mohon tunggu...
Pengusaha Muda
Pengusaha Muda Mohon Tunggu... mencoba menjadi pengusaha

halo!

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Tips Penting untuk Membuka Usaha

14 Mei 2019   10:31 Diperbarui: 14 Mei 2019   10:38 46 0 0 Mohon Tunggu...

Memulai bisnis untuk pertama kali adalah keputusan yang berani. Dikarenakan butuh keberanian untuk terjun ke dunia bisnis yang semakin kompetitif sekarang ini. Apapun alasan Anda dalam memulai berbisnis, Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar Anda tidak salah melangkah saat menjalankan bisnis pertama Anda.

Buka Usaha yang Legal

Banyak bisnis illegal yang menjanjikan keuntungan lebih besar dibandingkan bisnis yang legal. Seperti, perdagangan di luar jalur resmi seperti black market atau pasar gelap. Namun, suatu hari Anda bisa terkena masalah hukum. Maka lebih baik, carilah peluang usaha yang legal. Perhatikan legalitas untuk jenis usaha yang Anda akan jalankan agar bisnis Anda lebih terjamin.

Hindari Menjual Produk Berharga Sangat Mahal

Anda adalah seorang pebisnis pemula. Anda belum memahami realita dunia bisnis yang sebenarnya. Menjual produk mahal akan lebih sulit untuk bisnis baru. Hal tersebut mempengarui konsumen kelas menengah ke atas, yang tak lantas percaya dengan bisnis yang baru berdiri. Maka sebaiknya menjual produk yang dapat dibeli oleh seluruh kalangan. Jika harga produk terjangkau, produk anda dapat mencapai target pasar yang lebih luas.

Jangan Langsung Menjual Banyak Produk

Saat bisnis baru dimulai, jangan terlalu ambisius tanpa perhitungan dengan menjual banyak produk sekaligus. Fokus pada satu atau dua macam produk akan lebih baik agar Anda tidak kewalahan saat mengelola bisnis. Jika bisnisnya mulai berkembang, Anda dapat menambah produk yang dijual. Kembangkanlah bisnis tanpa tergesa -- gesa.

Harus Ada Rencana Bisnis yang Matang

Buatlah business plan atau rencana bisnisnya. Business plan diperlukan untuk merancang dan melihat perusahaan Anda di masa depan nanti. Lakukan riset agar business plan yang dibuat bisa lebih baik. Karena untuk memulai bisnis dibutuhkan data dan informasi tertentu dalam membuat model bisnis, strataei pemasaran yang tepat, menentukan target pasar yang sesuai, dan sebagainya.

Pisahkan Uang Pribadi dan Bisnis

Buatlah pembagian uang yang akan dan telah digunakan untuk bisnis dan tetap disimpan untuk kebutuhan personal. Dalam awal berbisnis, Anda harus mengatur keuangan dengan baik. Jangan mencampurkan uang pribadi dan bisnis. Untuk mempermudah, Anda bisa membuat rekening baru khusus untuk bisnis Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN