Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Isolasi Mandiri, Solusi Cegah Penyebaran Covid-19

8 Juli 2021   13:47 Diperbarui: 8 Juli 2021   13:52 102 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Isolasi Mandiri, Solusi Cegah Penyebaran Covid-19
Dok detik.com

Rumah sakit penuh baik itu milik Pemerintah Daerah maupun Swasta, apalagi saat pandemi covid-19 ini, hampir rata-rata pasien covid-19 yang masuk di layanan kesehatan bisa sembuh dan ada juga yang meninggal dunia. Virus covid-19 sudah menyebar terutama varian delta, mungkin bagi mereka yang imunitasnya tinggi maka virus ini bisa memberikan pengaruh, namun bagi mereka yang imunitasnya rendah maka resiko untuk terpapar virus ini masuk ke tubuh kita sangat berpotensi. 

Jika ada satu dari keluarga kita yang terpapar virus delta ini, maka resiko satu rumah atau keluarga terdekat kita akan terpapar, dan dapat dibayangkan jika kemudian harus di rujuk ke rumah sakit, sedangkan di rumah sakit sendiri, rela mengantri bahkan ada yang tidak bisa menerima rujukan pasien karena penuh kapasitas. 

Tidak pejabat, tidak tokoh masyarakat, tidak tokoh politik, saat sakit juga pihak rumah sakit tidak bisa memberikan solusi karena ketersediaan ruangan yang terbatas, dan disinilah pentingnya melakukan isolasi mandiri ketika kita mengalami gejala terpapar virus corona ini. 

Imunitas kita harus kuat, terlebih saat fisik kita sedang batuk, letih dan kadang panas tinggi, maka kita harus waspada dengan kondisi kita, saatnya melakukan perbaikan gizi, minum air panas, madu dan minuman sebagai ganti imun kita, seperti minum air kelapa, ataupun jeruk anget dan tambahan juice. Namun inipun isi kulkas harus tersedia, bayangkan jika kita isolasi mandiri, namun isi kulkas yang ada tidak tersedia stok bahan untuk membuat imunitas kita naik, maka tetap saja kita akan membeli produk bahan baku di pasar, berarti kita harus pergi ke pasar. 

Disinilah peran keluarga untuk memberikan perhatian kepada mereka yang terpapar covid-19, karena mereka tidak bisa pergi secara bebas, mereka juga harus di supply makanan yang tepat untuk menambah imun bertambah, jika ada riwayat sesak nafas, maka akan tambah lagi oksigen, dimana oksigen juga harus siap sedia, padahal kondisi sekarang ini mencari oksigen untuk mengobati pernafasan kita agar lebih pulih kesehatannya sangat susah. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x