Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Jika Bicara Tidak Menimbulkan Fitnah Maka Jangan Boleh Berlebihan

28 April 2021   17:00 Diperbarui: 28 April 2021   17:20 278 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jika Bicara Tidak Menimbulkan Fitnah Maka Jangan Boleh Berlebihan
Dok islam.bangkitmedia.com

Kalau anda punya uang banyak, jangan perlihatkan kepada anak, karena akan memperlihatkan uang menjadikan anak akhirnya minta terus, belum apa-apa nanti minta ini, minta itu. Mendidik anak sebelum lahir itu lebih baik setelah lahir. Jika anaknya itu punya akhlak yang lebih baik itu baru boleh memperlihatkan kekayaan kepada anaknya. 

Demikian disampaikan oleh Pengasuh Ponpes Assaalafiyah Luwungragi KH. Subhan Makmun pada pengajian Kitab Bidayatul Hidayah di halaman Ponpes. Rabu (28/04/2021).

Jika ada kesalahan pada keluarga jangan keras-keras atau marahi keluarganya, kasihkan kata-kata motivasi atau sedikit lunak dalam perkataan. Jika marahmu sudah hilang maka lebih baik diam dulu dengan anak. Jika bicara tidak jadi fitnah maka jangan boleh berlebihan. 

Witir jangan samakan seperti sholat magrib, tapi sholat witir itu malam hari maka harus 3 tapi jangan samakan dengan magrib, yakni 2 dan 1  atau 2,2,2,2,2,1 jika witirnya 11. Bidayatul Hidayah itu sentuhannya hati bukan nafsu. Makanya banyak ulama yang mengajarkan kitab ini banyak yang jadi waliyullah, karena ikhlas dan diberikan kemulyaan dan apa yang disampaikan di kitab ini diamalkan. 

Ngaji kitab ini agar ikhsan, yakni kamu beribadah seakan-akan beribadah kepada Allah, dengan ngaji kitab ini menjadikan tasawuf atau menjadikan wirai. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x