Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tukang Goroh, Lebih Baik Jangan Jadi Teman

20 April 2021   17:12 Diperbarui: 20 April 2021   17:17 286 2 0 Mohon Tunggu...

Kalau ada teman anda dalam berjanji ingkar, kalau bicara kadang dusta, maka jika ada yang punya ciri seperti itu lebih baik dihindari, karena sering berdusta. Jika mencari orang yang jujur, sholeh, sidik dan sopan kok susah maka menyingkirlah atau ujlah/menyendiri maka perbanyak dirumah. 

Begitu yang disampaikan oleh KH. Subhan Makmun selaku Pengasuh Pondok Pesantren Assalafiyah Luwungragi pada pengajian Kitab Bidayatul Hidayah di Halaman Ponpes. Selasa (20/04/2021).

Lanjut Kyai Subhan, kalau ingin mencari teman akhirat maka lihat agamanya dulu yang sama, jika beda agama maka susah untuk menjadi teman sejati. Makanya jika beda agama lalu menikah maka tidak ketemu di akhirat. Teman yang tidak jujur itu seperti fatamorgana. Ia membuat dekat yang jauh darimu dan membuat jauh yang dekat darimu.

Kejujuran ini sangat penting karena ia akan memberikan informasi atau kabar yang valid dan akurat kepada kita. Setidaknya, ia membawa kabar apa adanya, bukan interpretasi atau tafsirnya atas informasi tersebut. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x