Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kitab Bidayatul Hidayah, "Manusia Selalu Dilindungi oleh Allah"

13 April 2021   21:33 Diperbarui: 13 April 2021   21:48 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kitab Bidayatul Hidayah, "Manusia Selalu Dilindungi oleh Allah"
Ngaji Puasa (Dokpri)

Pengajian Rutin Tiap Bada Ashar Kitab Bidayatul Hidayah di Ponpes Assalafiyah Luwungragi, Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes dibacakan oleh KH. Subhan Makmun, Selasa (13/04/2021). Mutiara hikmah yang disampaikan yakni:

Pertama, Mari Belajar Ngaji, Allah tidak pernah terlena dengan umatnya, Gusti Allah ada dimana-mana, dan Allah juga tidak ke mana-mana. Makanya dalam berbuat sesungguhnya kita ini selalu diawasi dan menemaninya. Manakalah kita niat kerja maka niat bekerja untuk mencari nafkah keluarga, selama dia bekerja maka ditemani oleh Gusti Allah. 

Kedua, ketika kita susah karena tidak jamaah maka Gusti Allah akan menemaninya. Sahabat Umar merasa kena musibah karena tidak jamaah, makanya sebagai ganti meninggalnya sholat jamaah maka gantinya memberikan tanah kepada Nabi. 

"Musibah agama sering diabaikan dan musibah dunia kadang tidak diabaikan," kata Subhan Makmun. 

Ketiga, qodho sholat itu boleh, walaupun status sholatnya adalah sunah, apalagi sholat wajib, jadi walaupun waktu ashar setelah sholat ashar tidak boleh sholat lagi, tapi bila sholatnya itu ingin menqodho sholat apakah karena pernah ketinggalan sholat ashar maka boleh melaksanakan sholat setelah ashar dengan status qodho sholat.

Keempat, rejeki itu kaya bayangan, ketika kita Istiqomah dalam bekerja maka kita akan diberikan rejeki yang berlimpah, ada hubungan antara sholat dengan rejeki, sholat itu ganjarannya untuk kita sendiri, siapa saja yang melaksanakan sholat dengan baik rejeki kita akan diberikan kelancarannya. Shodaqoh tetap, bekerja tetap dan silaturahmi tetap itu bagian dari Istiqomah. 

Kelima, Apabila kita menyakini bahwa Allah selalu mengawasi kita dan menemani kita maka Gusti Allah akan justru melas, misalkan tidak menjalankan ibadah lalu ngrentes ingin berubah dengan cara tobat dan jangan menerima pitutur yang jelek, bila ada pitutur ke arah kebaikan maka lakukan nasehat yang diberikan. jika tidak ingat setiap hari dengan Allah maka minimal setiap malam sholawat nabi, atau istighfar setiap sholat minimal sehari, jangan sampai lupa dengan Allah dalam sehari. 

VIDEO PILIHAN