Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kerja Sampingan Bikin Semangat Baru

31 Maret 2021   17:27 Diperbarui: 31 Maret 2021   17:44 57 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kerja Sampingan Bikin Semangat Baru
ilustrasi pekerjaan sampingan (Dok beritanya.com)

Jenuh bekerja di satu tempat pastinya dirasakan oleh mereka, buktinya banyak perusahaan dalam mengambil kebijakan agar karyawan atau pegawainya tidak bekerja terus maka sewaktu-waktu mengadakan kegiatan outbond atau kegiatan yang aktif kreatif inovatif dan menyenangkan.

Bagi mereka yang punya skill tertentu, terkadang waktu yang kosong digunakan untuk kerja sampingan, contohnya ahli bidang teknisi komputer, maka sepulang dari kantor dilanjutkan dengan pekerjaan service atau instalasi program komputer, bahkan ada yang membuka jasa website dengan bekerja cepat, hasilnya semakin memuaskan. 

Tentunya ada tantangan yang kadang tidak seperti bekerja di kantor, karena bekerja secara sampingan jelas waktunya sudah disiapkan sisihkan dan dipikirkan secara cepat dan tepat. Mereka yang mempunyai pekerjaan sampingan tentunya sudah menyiapkan fisik, waktu dan kesempatan yang mestinya orang itu harus banyak istirahat ini harus bekerja keras dan istirahatnya sedikit berkurang. 

Pekerjaan sampingan juga membikin seseorang itu dilatih untuk berimprovisasi, bagaimana nilai tambah pekerjaan sampingan bisa membantu income tambahan bagi keluarganya, tidak mungkin pekerjaan sampingan kemudian dapatnya sedikit kemudian diteruskan, tentunya ada nilai yang lebih kenapa pekerjaan tersebut dikerjakan atau dipilih, apakah mencari pekerjaan tambahan atau mencari waktu kosong untuk kesibukan ataupun membantu aktivitas sosial di masyarakat.

Pekerjaan sampingan seperti menjadi supir atau driver misalnya, saat menjadi driver sampingan dia harus meluangkan waktunya, dan tenaganya, bagaimana caranya agar fungsi penglihatan dan fisiknya tetap terjaga termasuk melakukan pekerjaan driver dengan super hati-hati, tidak srugal srugul atau tidak mematuhi rambu lalu lintas, maka imbasnya pada kehilangan kesempatan order lagi.

Pekerjaan lainnya yang membikin tergiur adalah membuat buku yang dicetak tapi best seller, sudah dapat hak cipta dan hak atas kekayaan intelektualnya, tetap bekerja di pekerjaan utama namun bukunya sebagai pekerjaan sampingan malah menghasilkan income yang lumayan menguntungkan. 

VIDEO PILIHAN