Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mencintai NKRI Bagian dari Syukur

5 Maret 2021   00:36 Diperbarui: 5 Maret 2021   00:48 80 2 0 Mohon Tunggu...

Suku yang heterogen di Indonesia harus dijadikan sebagai kekuatan yang luar biasa, saling menghargai umat dan menjaga daerahnya penting. Rasa memiliki dan handarbeni dan saling sadar bahwa tanah air ini diberikan oleh Allah kepada makhluknya. 

Sebagai orang Indonesia kita harus merasa memiliki dan mencintai, seandainya itu tumbuh dan jika ada ilalang maka harus ada solusi ilalang agar diambil, supaya tumbuhan yang ada bagus dan kuat, jika ilalang masih kecil apakah perlu di buang, dicabut atau dijadikan ilalang sebagai nilai tambah.

Begitu Habib Lutfi bin Yahya Pekalongan menyampaikan mutiara hikmah di depan para ulama dan umaro di Kabupaten Pekalongan, Kamis (4/03/2021).

Keimanan seseorang agar kuat dalam berbangsa ya cinta tanah airnya dan bangsa dan merupakan bobot yang luar biasa, kita harus mampu dan mau untuk beradaptasi di tempat tinggal kita. Jika kita hidup di daerah jawa maka harus tahu unggah ungguh dan tata krama dan bahasa kromo baik itu kromo inggil atau ngoko. 

Dengan bahasa yang kita kuasai akan tahu perubahan tata krama dan harus ditanamkan sedini mungkin, kalau ekonomi Indonesia mau bangkit maka bangkitkan ekonomi dengan mencintai produk dalam negeri. 

Politik itu kepentingan nasional dan negarawan. Politik bisa untuk kekuatan negara, dan betapa pentingnya politik kebangsaan ini. Generasi muda harus dikasih materi tentang sejarah perjuangan orangtua seperti perjuangan pahlawan Diponegoro, Imam Bonjol ataupun lainnya. 

Kita harus paham sejarah para pejuang NKRI, dan bangga untuk mencintai tanah air, dan bagaimama menumbuhkan intelektual ilmuan untuk mensejahterakan masyarakat, dan membangun dan berkiprah untuk di daerah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x