Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Data Lebih Penting daripada Hilang Handphone

18 September 2020   18:33 Diperbarui: 18 September 2020   18:36 51 5 1 Mohon Tunggu...

Aplikasi ini bertujuan untuk mengamankan data anda saat handphone anda hilang. Tidak merugi jika fasilitas ini di install di android anda, karena aplikasi ini cukup lewat playstore lalu di install. 

Tujuane google nganakna aplikasi kuwe (setidaknya) untuk mengamankan data anda, luwih larang datane dibandingkan handphonene,  misalnya hp nya gak bisa balik lagi, data kita gak kepake orang, ujar Usman Hamdani Kompasianer Brebes kepadaku tadi sore, jumat (18/09/2020). 

Lalu aku coba praktekkan, apa yang disarankan oleh mas usman, step by step dilakukan, dan install sudah selesai. Kemudian saya coba buka aplikasi tersebut, dalam pengaturan ada beberapa perintah yang harus diikuti, termasuk memasukan user dan pasword google anda, kemudian aku coba praktekkan, dengan mencoba merk oppo dan samsung. Akses handphone yang akan di kunci adalah di samsung, ternyata sudah bisa terkunci. Pasword harus diingat-ingat jangan sampai lupa, di handphone samsung ternyata langsung terkunci, dan saya buka kembali. 

Saat mau menghapus kunci di handphone melalui aplikasi tersebut, ternyata sedikit susah, sehingga kucoba utak atik lagi bagaimana jika hapus perangkat, ternyata ketika saya klik tulisan hapus perangkat, secara otomatis perangkat yang samsung langsung hilang datanya, dan posisi samsung tersebut benar-benar install pabrik. Artinya handphone yang dianggap hilang tersebut, akan terinstall semua datanya, dan terselamatkan, hanya handphone saja yang tidak bisa kembali berarti hilang mesin selulernya, tapi datanya tidak digunakan oleh sembarang orang yang menipu maksudnya ( jika diilustrasikan). 

Pesan penulis adalah, bahwa google membuat aplikasi ini ternyata bermanfaat untuk penyelamatan data, karena data lebih mahal dibandingkan dengan handphone yang ada. Bayangkan jika kemudian nomor yang ada di handphone hilang tadi kemudian digunakan oleh orang lain untuk mencari masalah, maka kita sendiri yang pusing, membayangkan temanku yang WA nya di heck saja oleh orang lain bisa untuk menipu kerabatnya yang ada di WA tersebut, apalagi kalau nomor phone book yang ada di handphone di kendalikan oleh orang lain. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x