Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kuliah Pascasarjana Penting, Nggak Rugi

8 September 2020   08:48 Diperbarui: 8 September 2020   08:52 43 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuliah Pascasarjana Penting, Nggak Rugi
Dok hipwee.com

Investasi pendidikan itu penting, salah satu dari implementsi atau perwujudan belajar sepanjang hayat, selama kita masih belajar untuk memberantas kebodohan sama dengan kita sedang berjihad untuk menjadi generasi yang berkualitas. Wajar jika yang lulus SMA untuk dilanjutkan ke S1, yang sudah S1 kuliah di S2, dan yang S2 melanjutkan S3

Mereka yang melanjutkan kuliah harus punya tabungan atau modal keuangan untuk bayar semester, sementara abaikan kebutuhan konsumtif disaat anda kuliah untuk ditunda dulu, fokuskan untuk menyiapkan anggaran kuliah dan mengerjakan tugas-tugas dosen, kecuali saat kita belajar ini semua keuangan sudah disiapkan dan serba kelebihan dananya di tabungan, sah-sah saja untuk beli barang yang konsumtif, tapi alangkah baiknya jika kebutuhan primernya diutamakan. 

Untuk kuliah tentunya seseorang harus menyiapkan waktu dan tenaga termasuk membagi peran saat yang bersangkutan sudah berkeluarga, karena akan berbeda antara mereka yang belajar dengan punya keluarga dibandingkan masih sendiri.

Bagi yang berkeluarga harus atur strategi, ya minimal kuliah dengan jadwal sore setelah pulang kerja, pastinya akan berbeda hasilnya dengan mahasiswa yang kuliah pagi hari, karena motivasi belajar mereka jelas akan berbeda hasilnya.

Meningkatkan keilmuan menjadi dasar penting agar ada perbaikan metodologi dan perubahan karakter yang lebih, harus menjadi penerang hidupnya dan bermanfaat ilmunya untuk masyarakat nantinya. 

VIDEO PILIHAN