Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Bupati Brebes Laporan Corona Pakai Bahasa Brebesan

4 April 2020   11:24 Diperbarui: 7 April 2020   10:17 66 3 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bupati Brebes Laporan Corona Pakai Bahasa Brebesan
sumber: youtube info brebes

Dinas Kominfotik Kabupaten Brebes mempublish Laporan Bupati Brebes sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 dengan Bahasa Brebesan, tentunya menarik bukan dan ini menjadi viral, karena dibagikan dari satu WA Group ke Group lainnya, dan menyebar dengan cepat, ini dilakukan bahwa warga juga sangat senang dengan laporan covid-19 menggunakan bahasa lokal.

Tematik pilihan ini tentunya menjadi penting, bagi warga lokal Brebes dan komunitas enyongan mesti akan paham apa makna yang ada di laporan ini. Sangat Efektif dan Komunikatif, dan tentunya tidak bisa dilakukan oleh siapapun jika tidak latihan dulu, atau pernah lahir atau dibesarkan di Kampung Brebes dan sekitarnya. 

Jengkoan akan nampak jelas, apakah seseorang itu asli Brebes atau latihan bahasa Brebes. Bagi anak yang dilahirkan di Brebes dan berinteraksi dengan teman sebaya pakai bahasa Brebes tentunya akan mudah untuk menyampaikan bahasa Brebesan dan orang akan tahu oh itu asli Brebesan dan medok pisan. 

Tapi kalau hanya lintasan saja, nanti akan terjebak pada cengkoan, gaya naik turun intonasi dan kecepatan mengucapkan, karena tidak mudah menirukannya, tapi bagi pribumi Brebesan mah karena sudah terlatih dengan baik sejak lahir hingga dewasa maka lebih cepat responsif bahasa ibu ini.


Bagaimana Komentar Warga

Jebule lucu yah saat laporan Covid-19 dengan bahasa Brebesan, tapi unik dan spesial bagiku karena bahasa Brebesan menjadi terkenal karena bisa jadi viral, ungkap Aziz Aminudin saat diskusi di WAG Nataniweb.com, sabtu (4/4/2020).

Sementara itu Hj.Nur Nadlifah salah satu anggota DPR RI Dapil IX Jateng mengapresiasi cara Bupati Brebes dalam laporan Covid-19 dengan bahasa lokal Brebesan, sebuah pesan yang komunikatif, dan memudahkan warganya untuk memahami perkembangan data yang ada di Kabupaten Brebes. Dimana belum ada laporan positip covid-19 di Kabupaten Brebes. Tentunya data ini bisa anda lihat di podtal pemerintah daerah di corona.brebeskab.go.id

Ditempat terpisah juga disampaikan oleh Ketua Simpul Indonesia Adi Assegaf, S.Kom, dia memberikan jempol dua kepada Bupati Brebes yang telah tanggap dan cekatan dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Brebes, pihaknya juga mengapresiasi gaya komunikasi dan informasi Bupati Brebes dengan logat Brebesan.

VIDEO PILIHAN