Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Jawa Tengah

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tim Monev Ditjen Bangda Kemendagri Bangga Atas Kinerja PKBM Tri Mulya Pratama Brebes

23 Oktober 2019   15:53 Diperbarui: 23 Oktober 2019   15:57 0 3 0 Mohon Tunggu...
Tim Monev Ditjen Bangda Kemendagri Bangga Atas Kinerja PKBM Tri Mulya Pratama Brebes
Doc Pribadi

PKBM Tri Mulya Pratama tahun 2018 sudah melakukan UNBK di lembaga belajarnya, ini sebuah terobosan yang luar biasa tentunya, karena tidak semua lembaga non formal menyelenggarakan UNBK di lembaganya, yang lebih banyak adalah UNBK dengan pinjam komputer di sekolah negeri atau swasta yang punya fasilitas laboratorium komputer. 

Demikian disampaikan oleh Ketua PKBM Tri Mulya Pratama Mufarohah, SH yang beralamat di Jalan Raya Barat Jatibarang Km.1,5 Desa Dukuhmaja, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes Jawa Tengah. 

PKBM ini telah berdiri sejak 18 juni 2010 dan telah mendapatkan akreditasi B dari BAN PAUD dan PNF nomor 016/BAN PAUD/PNF/AKR/2017. Adapun NPSN dengan Nomor P2964116. Program yang ada meliputi pendidikan kesetaraan Paket A, B, dan C, pendidikan keaksaraan (dasar dan mandiri), kursus komputer dan mengemudi mobil, pendidikan anak usia dini (KB), taman bacaan masyarakat (TBM), dan kelompok belajar usaha (KBU). 

Untuk tahun 2019, Peserta didik program kesetaraan di PKBM ini ada 252 peserta didik, sedangkan untul peserta didik GKB berjumlah 105 ATS, yakni tahun 2017 sebanyak 22 Anak, tahun 2018 ada 41 anak, dan tahun 2019 ada 40 anak. Kegiatan belajar untuk anak GKB yakni tatap muka di kelas, dibekali ketrampilan komputer, model belajar daring, dan UnBK mandiri di PKBM Trimulya. 

Sementara itu, salah satu tim Ir. Yosi Diani Tresna, MPM dari Bappenas mengapresiasi atas kinerja lembaga PKBMnya, kagum dengan kiprah yang sudah dicapai khususnya terkait GKB yang didukung oleh PKBM ini. 

" Ditahapan mana sih kontribusi kerjasama dalam mendukung GKB ini khususnya lewat PKBM, sehingga pihak kami mendapatkan input yang penting untuk perbaikan dan pengambilan kebijakan di level pusat," katanya, Rabu (23/10/2019). 

Harapannya, agar ada human interest anak yang GKB agar bisa memotivasi bagi anak lain yang kategorinya anak. Sehingga mereka termotivasi untuk ikut jejaknya. Pendokumentasian terkait kisah sukses bagi anak PKBM menjadi terobosan  terbaik di level anak yang lain agar termotivasi.

Hadir dalam pertemuan tim monev terpadu meliputi : Ir. Suharyanto, MT (Kasubdit Pendidikan), Baroto seto, Kasi Subdit Pendidikan, Fajar, Staf Subdit Pendidikan, Drs. Binar Ginting, MM, Bappenas Rif'an dan yosi Diani, Kasubdit Perlindungan Anak, ies dari Sekretariat Kerjasama RI-Unicef, Lilis

Kemendikbud Indarjo, Kemenpppa: Meilia,
Kemendes: sondang, Unicef, Unnes, Undip, Dindikpora, Dinkes, Bapperlitbangda, Dispermasdes, FMPP Kabupaten.

VIDEO PILIHAN