Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Jawa Tengah

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

Kurma, Kolek, dan Teh Manis Menu Favorit Muslim Dunia

21 Mei 2019   09:08 Diperbarui: 21 Mei 2019   09:15 0 5 1 Mohon Tunggu...
Kurma, Kolek, dan Teh Manis Menu Favorit Muslim Dunia
Doc kumparan.com

Menu berbuka bagi sebagian besar warga muslim di saudi arabia disaat berbuka puasa ramadhan atau puasa sunah senin kamis adalah kurma, roti dan air zam-zam. Kemudahan mencari kurma, air zam-zam tak pernah habis dan mudah didapat, serta aneka roti. Ada nilai gizi yang ada di menu kurma dan roti. 

Kurma mengandung nilai gizi menggantikan energi dalam tubuh dengan cepat, tanpa harus menggantikan kadar ga dalam tubuh. Kurma juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, fungsi untuk pencernaan dan membantu memperlancar dalam persalinan. 

Jangan terlalu banyak konsumsi kurma secara berlebihan, pasalnya kandungan kalori nya sangat tinggi, Satu butir kurma, yang setara dengan 7 gram, memiliki kandungan kalori sebesar 20 kkal.

Ini berarti dalam satu porsi kurma, yaitu 10-14 butir kurma terdapat 282 kkal yang termasuk dalam kandungan kalori yang cukup tinggi karena hampir memenuhi separuh kalori yang diperlukan untuk satu kali makan utama.

Kurma juga nilai karbohidratnya tinggi, jika berlebihan maka menkngkatkan berat badan dan bisa menjadikan obesitas pada tubuh kita. 

Selain itu, kandungan gula dalam kurma juga tinggi, dianjurkan sehari maksimal 10 butir kurma, resiko penyakit degenertaif seperti jantung, kadar gula darah, kadar lemak dan berat badan bertambah. 

Bagaimana dengan Buka Puasa pakai Roti

Makan roti berlebihan juga beresiko bagi tubuh, kandungan kaebohidratnya tinggi, karena roti sebagai pengganti nasi,termasuk ubi-ubian pun sama. Kalau sudah makan roti sebaiknya makan nasinya di kurangi, namun bagi orang jawa kalau tidak makan nasi tapi hanya makan roti dan kurma saat ditanya apa sudah makan, maka dijawab belum, karena belum makan nasi. Sehingga dokter menganjurkan agar mereka yang makan saat berbuka puasa untuk gizinya seimbang ditambah dengan buah. 

Doc bangka.tribunnews.com
Doc bangka.tribunnews.com

Bagaimana dengan Kolak

Kalau orang Indonesia, menu berbuka yang pavorit adalah kolak. Baik kolak kolang kaling, pisang ataupun bodin atau ketela bahkan ada yang kolak waluh parang. Sebenarnya nilai gizinya seperti apa sih ? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN