Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Jawa Tengah

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Adab Tidur di Kitab "Bidayatul Hidayah"

11 Mei 2019   16:44 Diperbarui: 11 Mei 2019   17:22 0 3 0 Mohon Tunggu...
Adab Tidur di Kitab "Bidayatul Hidayah"
Dokumentasi Pribadi

Pengajian Kitab Bidayatul Hidayah kali ini menerangkan Adab Tidur, sebelum tidur kita harus berdoa terlebih dahulu,

"Bismika Allahumma ahya wa bismika amut." Artinya; Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati. 

Doa ini dibacakan  sebagai adab yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada kita, umatnya. Agar kita menutup segala aktifitas sehari-hari dengan menyebut nama Allah. Sehingga jika kita tidak bangun lagi maka kita akan meninggal dalam keadaan husnul khotimah, karena meninggal setelah menyebutkan nama Allah SWT. 

Demikian disampaikan oleh KH. Subhan Makmun pada pengajian ramadhan 1440 H setiap bada ashar di halaman pondok pesantren assalafiyah Desa Luwungragi Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Sabtu (11/05/2019). 

Selain itu, kyai subhan juga menjelaskan,bahwa perkara yang diucapkan, tindakan, dan diamnya nabi adalah hadits. terkait Sholat Teraweh itu 20 rokaat dan 3 rokaat sholat witir, tapi untuk witir jangan sampai sama dengan sholat magrib, afdhol dua salaman, dan niatnya juga dua, itu salah satu ajaran golongan ahli sunnah wal jamaah, dan itu bukan ajaran yang bid'ah dholalah. 

Warisan akhlak dan ilmu itu penting, bila orang tuanya tidak pandai dan berilmu, maka orangtua harus menyekolahkan anaknya untuk belajar ilmu agama agar dadi penerus ilmu nabi, bila anaknya dadi ulama dan alim, maka bisa narik orangtuanya agar tertolong saat masuk surga, begitu pula bila orangtuanya lebih alim maka bisa narik derajat anaknya. Ini dijelaskan oleh imam ibnu abbas. Makanya ayo mondok putra putrinya agar bisa mengaji, bukan cukup satu atau dua tahun, syaratnya ingin futuh ilmunya maka menurut kyai subhan jangan hubbud dunya. 

Diterangkan kembali terkait adab tidur, sebelum tidur maka berwudhu dan berdzikir, Kemudian bacalah ayat al-Kursi dan amana ar-rasalu(surat al-Baqarah: 285) sampai akhir surat. Lalu surat al-­Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas, serta al-Mulk. 

Usahakan engkau tidur dalam keadaan berzikir pada Allah SWT dan dalam keadaan suci karena siapa yang melakukan itu, ia akan naik beserta rohnya ke arasy, dan dicatat sebagai orang yang sedang salat sampai bangun kern­bali. 

Apabila engkau sudah bangun, lakukanlah apa yang telah kujelaskan sebelumnya padamu. Hendaklah engkau hidup teratur seperti itu dalam sisa umurmu. 

Apabila engkau tak bisa melakukannya secara konsisten, sabarlah sebagaimana sabarnya orang sakit ketika me­nahan pahitnya obat dan ketika menunggu saat kesem­buhan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2