Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Jawa Tengah

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

Buah Salah Satu Menu Sehat Berpuasa

6 Mei 2019   16:43 Diperbarui: 7 Mei 2019   13:19 0 3 0 Mohon Tunggu...
Buah Salah Satu Menu Sehat Berpuasa
Buah Ramadhan Doc munadi

Sahabat kompasiana, selama bulan puasa ramadhan, dianjurkan agar anda membelo buah sebagai menu germas (gerakan masyarakat hidup sehat). Selain kaya gizi, buah juga bisa menjadikan badan anda semakin ideal, mengurangi obesitas, dan menurunkan tekanan darah dan menurunkan penyakit degeneratif.

Sahabat, semua buah itu mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, jangan lihat harganya, kaya manfaat dan baik bila dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa, tentunya saat berbuka puasa atau saat saur. Dengan mengkonsumsi buah maka zat kimia yang ada dikandung tubuh ini akan semakin terkurangi, dan dampaknya tubuh jadi ideal dan sehat.

Selain kaya vitamin C, asam folat, vitamin A, vitamin E, magnesium dan zink,buah juga memiliki antioksidan, wajar saja ketika kita dirawat di Rumah Sakit, selain makanan lunak, ditambahkan buah sebagai menu pendampingnya. 

Doc Nunung
Doc Nunung
Kenapa harus ada buah

Konsumsi buah itu menurunkan kadar lemak di tubuh kita, berbeda jika kita sering makan soto tauco atau babat makan kaya akan lemak, dan bisa bikin fisik kiya bertambah beratnya, apalagi jika sudah gemuk tapi konsumsi lemak yang sering, maka bukan akan jadi langsing, bikin semok atau buncit perutnya. Kalau ga orjapa atau olahraga jalan pagi ataupun goes sepeda onthel, bikin fisik kita semakin terpuruk. 

Wajar donk jika sahabat anda yang gemuk atau kelebihan berat badan kemudian tidak konsumsi nasi atau kandungan karbohidrat beberapa tahun lamanya,itu karena ingin langsing biar bikin yayank nya jadi semakin sayang. 

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) merekomendasikan 5 porsi atau sekitar 400 gram buah dan sayuran setiap hari. Dengan mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran, bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan juga kanker.

Bisnis menjual buah tentunya menarik bukan, selain bisa bantu warga agar fisiknya ideal, juga bikin isi dompet semakin terisi, tapi penjual buah akan semakin menaikkan pasokan buahnya saat menjelang puasa ramadhan, karena mereka sudah memprediksi bahwa buah bisa juga di juice sebagai minuman yang kaya gizi,wajar saja jika ditemukan di sepanjang jalan, banyak penjual juice buah untuk menu pembuka puasa. 

Pilihlah buah yang segar dan jangan bosok atau busuk, semakin anda menjaga tubuh dengan olahraga dan konsumsi buah, kulit tidak keriput dan bikin bibir tidak pecah-pecah.