bahrul ulum
bahrul ulum Freelancer

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Relawan Jentik dan Animo Fogging

16 Maret 2019   08:09 Diperbarui: 16 Maret 2019   08:29 24 2 0
Relawan Jentik dan Animo Fogging
Doc regional.kompas.com fogging

Opini di masyarakat pedesaan jika suruh bentuk relawan jentik kesannya tidak semangat, namun disaat ada fogging mereka siap bayar biaya fogging, kenapa warga di pedesaan untuk merubah opini banyak nyamuk suka semprot fogging dibandingkan bentuk relawan jentik. 

Berbeda dengan versi nakes, fogging ada syarat dan ketentuan, lebih berbahaya bila dilakukan fogging karena mengandung bahan kimia dan dampaknya kita meracuni tanah, air dan lainnya, lebih baik pencegahan dengan cara melakukan kegiatan  3M yaitu menguras, menutup dan mengubur. 

3 M pun ternyata tidak cukup untuk membasmi berkembangnya jentik nyamuk. Alasannya, jentik nyamuk tidak serta-merta terbawa pada saat bak mandi dikuras, kata menguras juga harus dinding kamar mandi di gosok sampai bersih, kalau hanya airnya saja yang dibuang, maka jentik masih bisa berkembang biak. 

Sahabat kompasiana,  telur nyamuk yang menetas dua hari setelah menyentuh air. Sedangkan untuk setiap harinya nyamuk bertelur sebanyak tiga kali. Meski demikian, telur nyamuk pun ternyata tahan di tempat kering hingga waktu enam bulan.

Dalam melakukan pengurasan tenaga medis pun menyarankan bahwa tindakan menguras perlu didukung dengan menutup segala tempat penampungan air. Bila ada tempat penampungan air yang sulit dikuras, semua nakes  menganjurkan memberikan larvasida, atau racun larva serangga. Kenapa dikasih biar telor nyamuk mati dan akhirnya tidak ada perkembangbiakan nyamuk. 

Jika 3M hanya dilakukan oleh satu keluarga saja, maka perkembangbiakan nyamuk akan semakin merajalela, wajar jika masih ada Demam Berdarah karena perilaku kita sendiri, partisipasi masyarakat secara masif sangatlah penting. 

Memberikan kelambu sebagai penutup tempat tidur itu saja hanya untuk menghalangi nyamuk jenis apapun mendekat saat manusia tidur. Penggunaan obat anti nyamuk juga disarankan seperti dengan cara dioles ke kulit, namun sesuai dengan kebutuhan masing-masing jangan berlebihan, resikonya nanti jika ada iritasi atau lainnya.

Sahabat selain sudah 3 M saran yang lain adalah dengan menggunakan predator biologis untuk jentik nyamuk, seperti ikan. Ikan yang dipelihara di kolam besar akan menjadi predator jentik nyamuk.

Kenapa tidak boleh Fogging 

Dilangsir di hellosehat.com dijelaskan Gas fogging berfungsi untuk membunuh nyamuk Aedes aegypti dewasa yang bisa menularkan penyakit DBD pada manusia. Saat penyemprotan, gas dari fogging nyamuk mungkin akan ikut terhirup oleh manusia.

Gas untuk fogging nyamuk adalah insektisida yang dibuat dari zat pyrethroid sintetis. Zat kimia ini adalah bahan yang umum ditemui dalam semprotan pembunuh nyamuk dan serangga yang dijual di toko-toko.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), gas untuk fogging nyamuk sudah diracik sedemikian rupa sehingga tidak membahayakan manusia atau hewan peliharaan. Kandungan insektisida dalam gas tersebut sangat minim sehingga hanya mampu membunuh serangga sekecil nyamuk. Akan tetapi, kalau dihirup dalam jumlah yang berlebihan, gas ini bisa menimbulkan beberapa efek samping bagi manusia.

Kira jika anda diminta melakukan pencegahan bahaya DB mana pilihan yang tepat dengan 3 M atau pilih fogging, inilah yang perlu di edukasi oleh kita semua.