bahrul ulum
bahrul ulum Kompasianer Brebes

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Ada Perbaikan Jalan, Pantura-Kendal Tadi Malam Macet Puluhan Kilometer

8 Agustus 2018   09:06 Diperbarui: 8 Agustus 2018   10:19 136 0 0
Ada Perbaikan Jalan, Pantura-Kendal Tadi Malam Macet Puluhan Kilometer
Perbaikan jalan/Doc metropolitan.id

Tampak terlihat antrian panjang di ruas jalan Kendal Kota tadi malam, penulis menyaksikan langsung kemacetan kurang lebih hampir 10 kilometer baik di kanan maupun kiri jalan. 

Ternyata antrian panjang ini akibat perbaikan jalan pantura kendal. Lebih parah kendaraan yang lewat dari timur ke barat, sedangkan dari arah barat ke timur antrian hanya beberapa kilometer saja. 

Ini fakta nyata bahwa setiap ada perbaikan jalan baik itu cor beton ataupun pengaspalan, dipastikan akan terjadi kemacetan yang sangat panjang, walaupun pihak pengelola pekerjaan sudah mengantisipasi melaksanakan perbaikan saat malam hari, apalagi jika dilakukan perbaikan pada siang hari. 

Sepertinya ada kenaikan volume kendaraan baik itu kendaraan umum maupun pribadi, kendaraan baru baik motor dan mobil pun terlihat di bawa sama mobil truck, setiap hari tak pernah berhenti untuk dikirim ke daerah dan dimasukan ke dhealer motor atau mobil dengan harapan terjual. 

Persoalan kemacetan bukan kewenangan perusahaan bus atau mobil pribadi, termasuk memproduksi massal kendaraan roda dua pun kelihataanya tak pernah berhenti, bahkan cenderung naik terus. 

Siapa yang rugi saat kemacetan

Saat macet di jalan jika waktu malam, jelas semua bus malam dan jasa angkut ikan harus tepat waktu, kalau meleset sedikit saja waktunya ke tujuan maka ikan jadi basi dan akibatnya merugi. Bila saat kendaraan macet maka hawa kantuk supir semakin berpotenso cepat mudah mengantuk, dibandingkan jalan lancar. 

Merugi yang lain adalah BBM kendaraan bertambah, rupiah dibuang percuma, belum lagi bila ditengah jalan kendaraan yang ditumpangi mengalami ban kempes padahal situasinya sedang macet. Kalau waktunya malam maka harus sigap dan cepat untuk diperbaiki, bagaimana jika lampu mobil atau motor mati, wah bisa pusing tujuh keliling. 

Jarak tempuh sama tapi kehabisan waktu karena macet menjadi luar biasa. Perjalanan bisa molor dan ini yang bikin kejenuhan para supir dan juga penumpang bus umum, apalagi jika berada di bus ekonomi tanpa AC maka sudah sumpek, asap rokok pun semakin mengepul banyak, mau ke toilet pun susah karena berada disituasi serba macet. 

Sepertinya bukan hanya perbaikan jalan saja yang bikin macet, sekelas mobil ban bocor atau meletus dan berada ditengah jalan bisa bikin macet puluhan kilometer, termasuk ketika ada kebakaran rumah yang dekat jalan raya, maka akan terjadi kemacetan karena mobil pemadam kebakaran harus sigap dan cepat meredakan api yang ada, lalu lintas sementara terhenti, ini terjadi tadi malam sebelum terminal pekalongan terjadi kebakaran rumah akibatnya mobilpun macet hingga puluhan kilometer.