bahrul ulum
bahrul ulum Kompasianer Brebes

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Pentingnya Rest Area saat Mudik Lebaran

9 Juni 2018   18:01 Diperbarui: 9 Juni 2018   18:38 241 0 0
Pentingnya Rest Area saat Mudik Lebaran
Rest area / Doc Tribunnews.com

Bila anda sedang menempuh perjalanan mudik atau rencana akan menjadwalkan mudik saat sebelum lebaran atau saat setelah lebaran kemudian silaturahmi ke kerabatnya maka keberadaan rest area menjadi fasilitas yang sangat dibutuhkan, pasalnya para pemudik ini menjadi rilex kembali setelah beberapa jam berada dikendaraan. 

Kebutuhan supir kendaraan adalah melepaskan penat selama beberapa jam diatas kendaraan, penglihatan mulai sedikit melemah, setelah kena air wudhu dan istirahat sejenak bisa menempuh kembali perjalanan selanjutnya. 

Manfaat rest area, pertama yakni untuk buang hajat kecil atau besar, kedua sholat berjamaah atau sholat jamak bisa sendirian atau berjamaah, ketiga, untuk menghilangkan rasa lelah dan letih akibatnya badan pegel atau menganduk, keempat adalah untuk makan atau minum. 

Tempat favorit rest area adalah Jika di tol maka sudah ada tempatnya, semua serba tersedia, hanya saja saat mudik bisa kemungkinan penuh untuk parkir, namun anda harus bersabar. 

Alternatif lain adalah ke SPBU, ketiga adalah masjid atau mushola yang representatif. Jika tempat musholla atau masjidnya sangat strategis apalagi ber AC maka jadi pilihan semua pemudik. Mereka akan menilai tempat rest area yang representatif untuk sebuah pilihan berhenti. 

Bila anda perjalanan dari cikampek hingga ke brebes timur maka rest area yang representatif adalah rest area yang ada fasilitas masjid, rumah makan, toilet bersih terpisah, halaman parkir yang luas dan ada SPBU nya maka itu menjadi pilihan yang nyaman tentunya. 

Bagi yang memilih di SPBU maka carilah SPBU yang punya toilet banyak, termasuk parkirnya luas, bersih dan toilet tersebut dijaga oleh petugas yang sudah kontrak dengan pihak SPBU, seperti SPBU yang mendapatkan penghargaan Muri di tegal, disamping lokasi strategis di jalur pantura, musholla ber AC, dan ada 1000 toilet yang disiapkan pihak pengelolanya, bahka  ada supermaket serta tempat untuk merokok dan untuk istirahat supir. 

Bila anda ingin rest area di masjid, maka pilihlah masjid yang punya halaman parkir luas, air tersedia dengan baik, kamar kecilnya banyak dan bisa untuk mandi ataupun untuk beristirahat yang cukup dan tidak berdebu. Jika masjid dekat dengan jalan raya kecenderungan berdebu dan karpetnya pun sering kena debu kendaraan. 

Rest area yang nyaman adalah di setiap masjid agung kab/kota, kedua jika di pekalongan kota anda bisa istirahat sejenak di masjid dekat bakorwil Pekalongan, atau di kompleks masjid pusat batik sebelum terminal bus pekalongan. 

Rest area yang lain adalah fasilitas yang disediakan oleh beberapa perusahaan atau pihak pemerintah kabupaten/kotanya yang sifatnya seperti tenda atau posko. 

Anda bisa juga beristirahat ke area yang ada restorannya, sambil menikmati hidangan dan tersedia juga kamar mandi dan ruang istirahat untuk berbaring sejenak. Walaupun satu atau dua jam istirahat bisa memulihkan badan dan terasa rilex kembali. 

Selamat mudik dan sukses selalu, salam kompasiana.