Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Dalang Ki Enthus Susmono Tutup Usia

14 Mei 2018   20:33 Diperbarui: 15 Mei 2018   09:33 1020 4 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dalang Ki Enthus Susmono Tutup Usia
Foto Tribunnews.com

Berita duka Inna lillahi wa ina ilaihi rojiun.. telah pulang tutup usia seniman besar dari Tegal Jawa Tengah Ki Dalang Enthus Susmono pada hari ini, senin 14 Mei 2018 sekitar pukul 19.15 WIB di ICU RS Dr. Soesilo Slawi, karena lelah dan drop, Mohon dimaafkan atas segala kesalahannya, semoga Khusnul Kotimah Amin. 

Mengutip di wikipedia Ki Enthus Susmono (lahir di Tegal, 21 Juni 1966; umur 51 tahun) adalah seorang dalang berkebangsaan Indonesia. Sejak 8 Januari 2014, ia dilantik sebagai Bupati Tegal oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk periode 2014-2019. 

Karena ketokohannya di dunia pedalangan, pada tahun 2005, dia menerima gelar Doktor Honoris Causa bidang seni-budaya dari International Universitas Missouri, U.S.A dan Laguna College of Bussines and Arts, Calamba, Philippines(2005). 

Selain berbagai penghargaan telah diterima, ratusan karyanya juga tersimpan dalam museum antara lain di Belanda, Jerman, dan New Mexico.

Enthus dibesarkan dari lingkungan keluarga dalang. Ia adalah anak semata wayang Soemarjadihardja, dalang wayang golk Tegal dengan istri ke-tiga bernama Tarminah. Bahkan kakek moyangnya, R.M. Singadimedja, merupakan dalang terkenal dari Bagelen pada masa pemerintahan Sunan Amangkurat di Mataram.

KI Enthus, begitu sapaannya, dengan segala kiprahnya yang kreatif, inovatif serta intensitas eksplorasi yang tinggi, telah mengantarkan dirinya menjadi salah satu dalang kondang dan terbaik yang dimiliki Indonesia. Pikiran dan darah segarnya mampu menjawab tantangan dan tuntutan yang disodorkan oleh dunianya, yaitu jagat pewayangan.

Besok jenazah akan dimakamkan ditenpat peristirahatan terakhir. Para seniman, tokoh masyarakat, warga NU, para ulama dan juga pejabat dilingkungan pemerintahan Kabupaten Tegal berduka termasuk semua Bupati/Kota di Jawa Tengah. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x