bahrul ulum
bahrul ulum Kompasianer Brebes

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Regional

Akhirnya Beras Bagi Keluarga Miskin Di Terima Gratis

14 Februari 2018   14:22 Diperbarui: 14 Februari 2018   17:43 369 0 0
Akhirnya Beras Bagi Keluarga Miskin Di Terima Gratis
Beras KPM Gratis/Doc Makasar.tribunnews.com

Dua bulan ini Pemerintah telah menggratiskan beras untuk rumah tangga miskin (raskin), sejak 25 Januari tahun 2018 mengganti sebutan raskin menjadi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansosrastra).

Beras raskin dulu harus ditebus Rp 1.600 per kilogram. Tapi kalau Bansosrastra diberikan gratis. Bansosrastra berbeda dengan raskin. Yakni jumlah yang diberikan lebih sedikit yaitu 10 kilogram per keluarga penerima manfaat (KPM).

Sedangkan raskin diberikan 15 kilogram per KPM. Sedangkan penerima masih sama yakni mereka yang terdaftar sebagai KPM berasal dari keluarga miskin.

Perubahan dari formula ini, awalnya menimbulkan beberapa polemik, namun setelah dilakukan sosialisasi sudah mulai berkurang miss komunikasi yang terjadi di masyarakat.

Prinsipnya memang jika pihak Rukun tetangga mengambil jatah paket tersebut di Desa atau Kelurahan gratis, adapun saat distribusi paket dari pihak RT atau RW ini menjadi kewenangan mereka.

Penerima yang langsung mengambil paket tersebut mestinya gratis, tapi bagi warga yang minta diantarkan, berarti ada alokasi ganti transport misalkan untuk bayar becak atau kendaraan antar sampai lokasi.

Sisi aparatur kebijakan ini sangat tepat, karena mereka sangat mudah dalam menjalankan tugas dan mengurangi konflik dengan warga. Apalagi dalam bulan maret nantinya semua penerima beras dari pemerintah menggunakan kartu, dan kartu yang diterima  tersebut sebagai identitas penerima dalam pengambilan paket beras tersebut. 

Raskin merupakan subsidi pangan dalam bentuk beras yang diperuntukkan bagi rumahtangga berpenghasilan rendah sebagai upayadari pemerintah untuk meningkatkan ketahananpangan dan memberikan perlindungan sosial padarumah tangga sasaran. 

Keberhasilan Program Raskin diukur berdasarkantingkat pencapaian indikator 6T, yaitu: tepat sasaran,tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas,dan tepat administrasi.

Program ini bertujuan untuk mengurangi bebanpengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) melaluipemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalambentuk beras dan mencegah penurunan konsumsienergi dan protein.

Selain itu raskin bertujuan untukmeningkatkan/membuka akses pangan keluargamelalui penjualan beras kepada keluarga penerimamanfaat dengan jumlah yang telah ditentukan.