Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Jawa Tengah

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Ternyata Sitrun Mampu Membersihkan Noda Membandel

6 Februari 2018   11:46 Diperbarui: 7 Februari 2018   21:47 0 1 0 Mohon Tunggu...
Ternyata Sitrun Mampu Membersihkan Noda Membandel
Foto: beritacilacapin.blogspot.com

Beberapa hari yang lalu, kolam rumah kelihatan dekil, berkerak dan berlumut, maklum kolom diisi dengan air sumur, bukan air PAM. Resiko dengan menggunakan air Sumur mesti dalam beberapa hari saja akan kelihatan berkerak, sehingga harus rutin membersihkan kolam tersebut, apalagi jika kolam yang dimiliki menggunakan keramik maka akan tampak sekali lumut atau warna airnya. 

Untuk melihat kualitas rajin rumah yakni jika melihat kondisi kamar mandinya, kenapa penulis katakan, karena kamar mandi adalah salah satu area yang identik dengan higienitas dan kebersihan. Kalau kamar mandi kita dekil, berkerak, berlumut dan terkesan kotor apalagi jorok.. pasti kita juga males ngeliatnya. 

Terlebih lagi kalau ada tamu ke rumah dan numpang ke kamar mandi, tentu saja kita gak ingin kondisi kamar mandi kita disimpulkan sebagai salah satu cermin kepribadian kita. Tentunya tidak sedikit dari kita yang sudah mencoba aneka ragam merk pembersih porcelain atau keramik, namun terkadang antara iklan dan kenyataan tidaklah sesuai, kamar mandi kita bersihnya gak maksimal. 

Mau ganti keramik kayaknya pemborosan, maka perlu dicari alternatif solusinya, yakni dengan pemberian Citric Acid atau dikenal dengan istilah keren di Indonesia adalah Sitrun untuk membersihkan noda membandel hingga kerak di kamar mandi. Penulis mencoba sendiri kolamnya diisi air yang cukup lalu dikasih sitrun, dibiarkan selama 1 hari, maka akan tampak kelihatan, dengan seribu rupiah anda bisa takjub hasilnya. Adapun panduan memberikan citrun adalah : 

1. Beli Citric Acid di toko-toko terdekat rumah anda. 

2. Siapkan Sitrun dengan campuran air sebaiknya separoh dari kolam terisi air yang masih kotor tersebut. tinggal citrun disebarkan, boleh 2 atau 3 sitrun sesuaikan dengan besar kecilnya kolam tersebut. Boleh saja siapin ember, lalu tuang satu bungkus Sitrun ke dalam 1 - 2 liter air (air hangat semi panas akan lebih oke hasilnya). Campurkan lalu aduk rata ramuan di atas sehingga bercampur sempurna.

3. Tuangkan campuran sitrun ke permukaan bak mandi, lantai dan dinding. Selanjutnya tuangkan secara merata ke permukaan bak mandi, lantai kamar mandi, dinding kamar mandi ataupun yang lainnya yang berbahan keramik dan porselain. Bisa juga menggunakan spons agar tidak boros dan merata. Diamkan sejenak, antara 30 menit hingga 60 menit. 

4. Gosok permukaan yang telah diberi sitrun secara merata dan bertenaga. Setelah 30 sampai 60 menit berlalu.. sekarang gosok permukaan bak kamar mandi, lantai hingga dinding yang telah dibasahi dengan larutan Sitrun dengan merata. 

5. Siram dengan air dan bilas sampai bersih setelah selesai digosok. Siram dengan air secara menyeluruh, boleh sambil disikat. Bilas sampai bersih. 

Sitrun ini sudah mendapatkan izin resmi dan sertifikasi dari Departemen Kesehatan di Indonesia dan Dunia sebagai bahan yang aman untuk kesehatan. Sitrun kebanyakan digunakan sebagai bahan campuran untuk makanan dan minuman olahan. Kandungan sitrun mudah diuraikan oleh metabolisme tubuh. Sehingga kalau sebagai campuran makanan atau minuman saja tidak berbahaya (dalam takaran yang tidak berlebihan), tentunya juga aman jika terkena anggota badan  untuk membersihkan kamar mandi.

Terkadang kita temukan kondisi kamar mandi yang karena jarang dibersihkan lantas kerak nodanya sangat sulit dibersihkan. Jika dengan ramuan sitrun di atas belum puas, maka setelah bersihkan dengan ramuan sitrun di atas,  bisa mengulanginya menggunakan cuka, lalu gosok. Kalau masih membandel, taburkan baking soda, lalu diamkan untuk beberapa saat, lalu tambahkan cuka dan gosok lagi. Kalau sitrun, cuka, baking soda tidak mampu mengatasi, silahkan ke toko bangunan buat beli keramik atau porselain yang baru.