Mohon tunggu...
Pemimpin Muda
Pemimpin Muda Mohon Tunggu... enjoy the journey

Manut kersane Gusti

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tunda Terus, Kapan Selesainya? Ini Tips Anti Menunda Tugas!

5 Desember 2020   21:49 Diperbarui: 5 Desember 2020   21:56 14 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tunda Terus, Kapan Selesainya? Ini Tips Anti Menunda Tugas!
freepik.com

Tahukah kamu? Saat menjadi mahasiswa, sering menunda tugas bukanlah hal yang baik loh. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh American Psychological Society, efek yang dihasilkan karena suka menunda pekerjaan ialah depresi, insecure, kegelisahan, dan tekanan. Tapi tenang saja, setiap masalah pasti ada solusinya kok, berikut tips buat kamu agar tidak sering menunda tugas :

1. Berikan reward kepada diri sendiri setelah mengerjakan sesuatu

Cobalah untuk selalu berikan reward terhadap diri sendiri setelah mengerjakan tugas, hal ini cocok untuk memotivasi kamu agar segera menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang ada. Reward disini tidak perlu yang susah dan mahal ya, kamu bisa menyesuaikan dengan kesukaan kamu yang penting bisa membangkitkan semangat kamu lagi.

2. Buat konsekuensi jika menunda

Tanamkan hukuman kepada diri sendiri setiap menunda tugas, ini dapat menanamkan dalam pikiran kamu bahwa penundaan membuat kerugian. Ini efektif banget loh, karena secara tidak langsung kita belajar cara displin untuk diri sendiri.

3. Buat komitmen terhadap hal-hal yang membuat menunda

Berkomitmenlah dengan hal yang menunda-nunda pekerjaan, seperti mematikan handphone selama mengerjakan tugas. Dengan begitu kamu juga dapat belajar mengontrol diri sendiri agar tidak melakukan kegiatan yang dapat menunda-nunda pekerjaan.

4. Mulai aja dulu!

Salah satu penyebab menunda adalah malas untuk memulai, cobalah memaksakan diri untuk memulai. Karena setelah kamu memulai otak kamu secara otomatis merespon untuk memulai mengerjakan walau sedikit.

Menunda pekerjaan adalah bentuk tidak menghargai waktu. Padahal, waktu adalah hal yang sangat berharga dan tidak bisa diulang kembali, oleh karena itu penyesalan selalu datang di akhir

Jadi, apa yang sering menjadikan alasanmu menunda pekerjaan?

VIDEO PILIHAN