Mohon tunggu...
Puspita Wulandari
Puspita Wulandari Mohon Tunggu... -

Saya seorang guru di sebuah sekolah pinggiran tepatnya di SMK Negeri I Kertosono kab Nganjuk prop Jawa Timur. Saya mengajar bidang study Fisika dan IPA. Saat ini sedang belajar menulis dan mengembangkan diri dengan tujuan mampu mengembangkan potensi siswa secara maksimal. Saya mencanangkan SASISAE (Satu Siswa Satu Email) dan SASISAB (Satu Siswa Satu Blog)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Guru Nge-Blog, Siswa Go-Blog

26 Agustus 2010   01:38 Diperbarui: 26 Juni 2015   13:42 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Nge-blog bagi sebagian orang yang tidak pernah menikmati proses membuat sesuatu,senang mengembangkan ide kreatif serta enggan berdiskusi, menganggap nge-blog merupakan kegiatan yang membuang-buang waktu saja.

Pada dasarmya, nge-blog mampu menumbuhkan sensasi tersendiri, mengembangkan kreatifitas berpikir serta mampu menumbuhkan kepercayaan diri. Menikmati membuat atau menuliskan sesuatu mampu menumbuhkan kebahagiaan, sehingga membuat hati gembira. Mampu mengurangi pikiran negatif serta mampu menumbuhkan positif thingking.

Saat ini masih sedikit guru yang aktif nge-blog. Padahal di dalam proses belajar banyak sekali ide kreatif yang muncul untuk dituliskan dan dipostingkan di blog. Andai semua guru mampu menuangkan ide dan pengalaman mengajarnya di blog kemungkinan besar tujuan pendidikan nasional akan segera tercapai.

Dengan nge-blog kita bisa berbagi pengalaman dan berbagi semangat mengajar. Dengan tehnologi yang ada saat ini, guru di P Jawa sewaktu-waktu bisa berbagi pengalaman dengan teman guru dari luar P Jawa. Guru-guru desa belajar pada guru-gurusekolah RSBI. Begitu juga sebaliknya. Saat ini belajar tidak lagi dibatasi ruang dan waktu.

Bukan hanya berbagi dengan teman-teman guru namun mampu berbagi semangat dengan siswa, baik yang berasal dari satu sekolah maupun dari sekolah yang lain. Baik yang berada dalam kota maupun luar kota, bahkan yang berasal dari satu pulau maupun dari luar pulau.

Apabila dalam satu sekolah terdapat lebih dari satu guru yang nge-blog mampu mengembang semangat siswa go-blog. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, sejak dua tahun yang lalu saya kembangkanSASISAB (Satu Siswa Satu Blog), meskipun lambat namun pasti, setiap tahun menunjukkan kenaikan yang signifikan. Sebagian besar siswa-siswa mampu melahirkan ide-ide kreatif di setiap postingannya. Sehingga gurupun bisa melakukan blogwalking di blog-blog siswanya. Bahkan meskipun siswa telah menjadi alumni hubungan silaturahmi masih terjaga.

Untuk mengembang semangat menulis siswa memang diperlukan perjuangan tersendiri. membutuhkan kesabaran dan keuletan. Menulis bisa dijadikan hiburan, pekerjaan, kebutuhan, ibadah, dll. Dengan membiasakan menulis berarti telah menunjukkan suatu bentuk kreatifitas dalam kehidupan ini.

Andai semua guru nge-blog maka semakin banyak siswa yang berani go-blog, menuliskan ide-idenya dengan tujuan berbagi. mampu menikmati proses membuat sesuatu, mengembangkan semangat berdiskusi serta mampu mengembangkan imaginasi.

Harapan ke depan guru nge-blog mampu melahirkan siswa-siswa kreatif daninovatif serta berani berpikir beda.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun