Mohon tunggu...
Pemain Ayam
Pemain Ayam Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pecinta Ayam Bangkok
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pemain Ayam Bangkok Aduan Indonesia, Follow IG : @ayamsv388 untuk mendapatkan informasi setiap hari!

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Cara Budidaya Ayam Arab Pedaging dengan Benar

17 Agustus 2021   11:38 Diperbarui: 17 Agustus 2021   11:48 356 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Budidaya Ayam Arab Pedaging dengan Benar
Cara Budidaya Ayam Arab Pedaging PEMAINAYAM.ME (Dokpri)

Cara Budidaya Ayam Arab Pedaging bisa terbilang susah susah gampang karena ada beberapa trik untuk memeliharanya. Bagi yang belum tahu cara membudidaya ayam arab PemainAyam akan membagikan beberapa tips untuk kalian yang ingin mencoba memeliharanya.

Gallus Turcicus atau ayam arab dari daerah Mediteranian sering di pelihara untuk di ambil telurnya. Tak jarang juga para peternak memelihara ayam arab untuk di ambil dagingnya. Sebab perkembangan ayam arab dapat terbilang cukup cepat. Cuma dalam tempo 4 bulan berat ayam bisa mencapat 1,8 - 2 kg. Bagi Anda yang tertarik untuk budidaya ayam Arab Bisa simak artikel dari Pemain Ayam sampai akhir.

Bagaimana cara ternak ayam arab Pedaging

  • Persiapkan Kandang Ayam Arab

Bahan utama untuk merakit kandang ayam arab yaitu dengan memakai kayu bambu. Harga yang murah tentu menjadi pilihan terbaik, Bukan hanya itu, permukaan bambu juga mudah di bersihkan dan memiliki serat yang kuat sekaligus tahan air. Karena Ayam arab yang dirawat nantinya akan di ambil daging nya maka bentuk kandang yang dipakai bersekema koloni. 

Jika untuk diambil telurnya bisa membuat kandang dengan ukuran 40 x 40 cm untuk satu ekor ayam. Bentuk kandang koloni berbentuk kotak yang nanti dapat di isi beberapa ratus bahkan ribuan ayam, Hal ini sama dengan kandang ayam ras pedaging atau ayam broiler.

Untuk bentuk kandang harus disesuaikan dengan berapa populasi dan umur ayam untuk setiap permeter perseginya. Ada dua tingkatan perkembangan ayam arab pedaging, mulai dari fase anak hingga umur 30 hari dan fase penggemukan dari mulai usia 31 hari sampai 4 bulan. 

Di saat fase starter, anakan ayam arab yang masih berumur 1 hari memerlukan lingkungan yang hangat. Anda perlu memberi pemanas buatan berbentuk Brooder listrik lambu atau yang menggunakan gas.

Selama masa pertumbuhan ayam arab membutuhkan asupan pakan yang mengandung energi dan protein yang tinggi. Untuk memudahkan proses perawatan sekaligus pertumbuhan seragam, makan disarankan gunakan pakan komplit untuk ayam yang banyak di jual di berbagai toko pakan ayam. 

Anda juga bisa membuat pakan sendiri dari campuran jagung, dedak halus serta tambahan vitamin untuk ayam arab dengan persentase 13%, 27%,dan 60%. Campuran ketiga bahan tersebut akan menghasilkan kandungan protein tinggi serta energi yang bagus dan sesuai untuk pertumbuhan ayam.

Waktu pemberian pakan sebaiknya di lakukan tiga kali sehari, yakni pagi hari, siang dan sore hari. Gunakan wadah pakan yang berukuran minimal 5 kg agar lebih efisien. Sedangkan airminum sebaikan selalu Anda sediakan menggunakan wadah minum untuk ayam. Untuk mencegah penyebaran penyakit, Anda perlu membersihkan wadah air minum setiap seminggu sekali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan