Mohon tunggu...
Pedulisehat.id
Pedulisehat.id Mohon Tunggu... Platform Donasi Online Kesehatan No. 1 di Indonesia

Website & aplikasi penggalangan dana kesehatan melalui media sosial di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Ayo Lakukan 7 Cara Praktis ini untuk Jaga Kesehatan di Musim Hujan

8 Januari 2019   14:45 Diperbarui: 8 Januari 2019   14:45 147 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayo Lakukan 7 Cara Praktis ini untuk Jaga Kesehatan di Musim Hujan
pexels.com

Sebelumnya kami sudah membahas jenis-jenis penyakit yang bisa saja menyerang Anda di musim penghujan seperti sekarang ini. Nah, sekarang kami ingin membagikan 7 cara praktis yang bisa dilakukan agar kesehatan Anda selalu terjaga saat hujan terus-menerus menemani keseharian kita. Jadi, langsung saja Anda perhatikan cara-caranya sebagai berikut:

Di musim peralihan seperti ini, biasanya tubuh kita akan kaget dengan perubahan cuaca dan suhunya. Sebagai contoh, hari sebelumnya cuaca panas terik dan di hari berikutnya turun hujan deras seharian. Hal ini tentunya mengharuskan tubuh kita menyesuaikan dengan perubahan suhu dari panas ke dingin. Namun, terkadang tubuh juga tidak mampu untuk menyesuaikan perubahan ini sehingga akhirnya kita  mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, kita sangat butuh vitamin yang akan membantu meningkatkan pertahanan tubuh. Konsumsilah vitamin secara teratur di saat musim hujan tiba, khususnya vitamin C. Karena vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan, atau Anda bisa juga langsung mengonsumsi suplemen vitamin C atau jenis vitamin lainnya.

  • Tetap Terlindungi dari Hujan

Siapkan selalu peralatan ini di dalam tas Anda, seperti payung, jas hujan (khususnya yang mengendarai kendaraan beroda dua), baju yang lebih tebal, dan masker. Peralatan ini akan melindungi Anda agar tidak basah dan terhindar dari angin saat hujan turun. Meskipun di pagi hari matahari tampak bersinar terang, Anda tidak tahu dengan cuaca di sore hari. Jadi sediakanlah selalu peralatan ini ke manapun dan kapanpun Anda bepergian.

  • Selalu Bersih Setiap Saat

Musim hujan tentunya membuat suhu akan menjadi sejuk dan lembap, yang mana di saat seperti ini kuman dan bakteri dengan leluasanya berkembang biak. Maka dari itu, tubuh kita semakin rentan terserang penyakit. Sementara itu, tangan adalah bagian tubuh kita yang paling sering kita gunakan untuk beraktivitas sehingga kuman dan bakteri bisa saja banyak bersarang di situ. Jadi, sering-seringlah mencuci tangan Anda menggunakan air dan sabun, karena Anda tidak akan pernah tahu seberapa kotor benda-benda yang Anda sentuh menggunakan tangan Anda. Terutama, saat Anda ingin menggunakan tangan Anda untuk makan, Anda wajib mencuci tangan dulu.

Lingkunan sekitar juga perlu Anda perhatikan kebersihannya, misalnya rutin mengganti seprai, sarung bantal, handuk, dan lainnya yang sering Anda gunakan. Taklupa rajinlah membersihkan debu-debu yang ada di sekitar Anda agar saluran pernapasan Anda tidak terganggu dengan udara yang tidak bersih.

  • Rajin Minum Air Putih

Rajin minum air putih memang selalu dianjurkan untuk dilakukan setiap hari, minimal 8 gelas atau 1,5 liter per harinya. Namun, di musim hujan begini sepatutnyalah Anda mengonsumsi air putih lebih banyak lagi, karena air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh kita terhadap penyakit. Pastikan Anda selalu meminum air bersih dan matang. Bahkan lebih bagus lagi jika Anda meminum air putih saat masih hangat, apa lagi di saat kita lagi kedinginan karena hujan turun terus-menerus sepanjang hari.

Saat hujan semakin sering turun, suhu juga ikutan turun, secara otomatis tubuh kita lebih banyak memerlukan kalori agar tetap hangat setiap saat. Selain itu, tubuh juga membutuhkan banyak asupan bergizi dan bernutrisi tinggi untuk mencegah terserang penyakit. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan antioksidan karena dapat memperkuat sistem imun tubuh kita. 

Perlu Anda ingat juga agar menjauhi makanan yang banyak mengandung minyak atau makanan yang digoreng, tenggorokan Anda bisa terganggu jika terlalu banyak mengonsumsinya. Satu tips dari kami, sebaiknya Anda memasak sendiri makanan yang akan dikonsumsi setiap hari, karena gizi dan nutrisinya lebih terjamin, serta jauh lebih higienis.

  • Tidur Cukup di Malam Hari

Menurut dari beberapa sumber, salah satunya dari Health.com, tidur kurang dari 8 jam per harinya, dapat membuat tubuh kita lebih rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, mumpung musim hujan ini lebih banyak membuat kita lebih sering merasakan kantuk, sebaiknya Anda ambil waktu sekitar 15 sampai 30 menit beristirahat sejenak di sela-sela waktu istirahat makan siang di kantor. Dengan begitu, kebutuhan tidur 8 jam dalam sehari lebih mungkin bisa terpenuhi.

  • Segera Mandi Setelah Kehujanan

Anda akan lebih mudah terkena penyakit, ketika tubuh Anda mengalami perubahan suhu yang drastis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera mandi dan keramas, jika tubuh Anda basah terkena air hujan. Lebih bagus lagi, jika Anda mandinya menggunakan air hangat. Dengan begitu suhu tubuh Anda akan kembali normal seperti biasa, sesaat setelah Anda mandi dan mengeringkan tubuh.

Sebenarnya masih banyak cara yang bisa kami bagikan supaya Anda bisa menjaga kesehatan saat musim hujan tiba. Namun, 7 cara di atas ini sudah lebih dari cukup. Coba lakukan dengan teratur dan dijamin Anda akan senantiasa sehat, meskipun hujan deras terus mengguyur setiap harinya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x