Mohon tunggu...
Eko Bakhtiar
Eko Bakhtiar Mohon Tunggu... Seorang yang tidak pernah lelah mencari dan berbagi Ilmu dunia.

Menulis merupakan suatu kegiatan dan hobby yang membuat nalar dan pola pikir bisa dari berbagai sudut pandang.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Liverpool, Pembelian Cerdik, Prestasi Dipetik!

28 Juli 2020   08:26 Diperbarui: 28 Juli 2020   08:39 38 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Liverpool, Pembelian Cerdik, Prestasi Dipetik!
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp (Sumber: Instagram Liverpool @liverpoolfc)

Liverpool tidak hanya menjuarai Liga Champions, tetapi juga menjuarai Liga Premier Inggris musim ini. Liverpool merusak dominasi Manchester City, Barcelona, Real Madrid, Juventus dan Paris Saint Germain di Benua Biru. 

Penampilan yang impresif dan strategi yang diterapkan oleh pelatih asal Jerman Jurgen Klopp. Komposisi pemain inti dan pemain cadangan sangat berimbang. Jurgen Klopp merasa puas dengan komposisi skuadnya.

Kesuksesan Liverpool tidak terlepas dari kebijakan transfer yang sangat cerdas dan menguntungkan. Beberapa pemain yang sangat vital merupakan dari kebijakan transfer yang apik dari manajemen Liverpool. 

Penjualan Coutinho, Dany Ings, Christian Benteke, Loris Karius dinilai sangat tepat. Karena pemain tersebut kurang memberikan dampak yang signifikan bagi tim.

Hasil dari penjualan tersebut dimanfaatkan untuk mendatangkan pemain sesuai dengan kebutuhan Jurgen Klopp. Virgil Van Dijk, Alisson Becker, Sadio Mane, M. Salah, Wijnaldum, Naby Keita, Robertson merupakan pembelian yang sangat memberikan efek sangat besar bagi setiap lini di skuad Liverpool. Peran pemain tersebut sangat besar dan vital, dibuktikan dengan beberapa gelar juara yang direngkuh oleh Liverpool.

Tidak hanya membeli pemain, Liverpool berhasil mengorbitkan beberapa pemain muda. Trent Alexander Arnold, Curtis Jones, Ben Woodburn merupakan pemain muda berbakat yang masuk skuad dari akademi pemain muda Liverpool. 

Komposisi keseluruhan tim ini dipimpin oleh 2 jendral yang sangat berpengalaman, yaitu James Milner dan Jordan Henderson. Dua sosok yang menjadikan panutan dan memberikan kepemimpinan di setiap pertandingan.

Transfer cerdas ini agar dicontoh oleh tim lain. agar pembelian yang sangat mahal diikuti oleh prestasi yang tinggi. Tulisan ini hanya analisa dan opini penulis semata sebagai penikmat si kulit bundar.

Eko Bakhtiar

Penikmat sepakbola

VIDEO PILIHAN