Mohon tunggu...
Peci Merah
Peci Merah Mohon Tunggu... Tanpa Batas

Tanpa Batas

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Santri Mojok: Antara Bau Asap dan Jalanan

22 Oktober 2020   12:20 Diperbarui: 22 Oktober 2020   12:23 6 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Santri Mojok: Antara Bau Asap dan Jalanan
Sumber: harisantri.id

Siapa sih Santri Mojok itu?

Santri-santri secara umum adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan agama Islam di pesantren, biasanya menetap di tempat tersebut hingga pendidikannya selesai. Sedangkan Santri Mojok adalah santri yang tidak tinggal di pondok atau santri Abangan, jadi Santri Mojok adalah Mereka selalu berada pojok, atau mereka yang selalu menghabiskan waktu di tiap pojok ruangan atau pojok-pojok lainnya, Santri Mojok yang sering kali Menghabiskan waktunya di pojok di temani  dengan Kopi dan bahan cerita Hangat serta Bau Asap yang melekat untuk menemani hari mereka di pojok tersebut.

Ada Apa Dengan Bau Asap?
 

Yah, Bau Asap di sini mungkin saja asap yang keluar dari knalpot 2 tak atau motor bebek yang udah jarang ganti oli sampai ring sehernya udah kalah mungkin ataupun bisa saja Bau asap ini dari Rokok-rokok yang baru saja dihisap di pojok tadi sembari mendengarkan cerita hangat yang di temani secangkir kopi, Bau Asap yang telah menjadi ciri khas ini pun sudah melekat bahkan menjadi primadona di kalangan santri mojok tadi. Cerita Hangat pun ditunggu walaupun di tengah-tengah Bau Asap tadi.

Cerita Hangat tidak hanya monoton tentang Hari ini kita makan di mana atau jalan kemana, tapi bisa saja ceritanya tentang Hukum kekal Energi, sampai membeda pemikiran marxis dan tokoh-tokoh lainnya yang mampu membangun ke kesadaran kolektiv, bahkan sampai bermimpi menjadi sebagai salah satu dari Elite Dunia ini, Bahkan untuk mencapai mimpi itu di buatlah rencana jangka panjang & pendeknya untuk bisa menyukseskan mimpi tadi, salah satu rencana itu contoh kecilnya adalah Jalanan.

Kenapa dengan Jalanannya?
 

Jalanan bisa saja jalan raya yang sedang di bangun oleh pemerintah, Jalanan bisa juga sebagai jalan awal atau akhir mewujudkan mimpi di cerita hangat di pojok tadi sembari di temani Bau Asap yang spesial. Jalanan bisa saja menyelesaikan atau menjawab mimpi tadi baik melalui Demontrasi ataupun Mobilisasi masa untuk menempuhnya.

Santri Mojok mungkin saja kadang di ketemukan tapi yakini saja mereka ada di mana karna kadang kalah mereka sendiri tidak tau kalu merekalah Santri Mojok itu.

Di hari Santri ini Semoga Para Santri Mojok dan Santri lainnya bisa lebih Sehat untuk indonesia kuat.

Selamat Hari Santri Nasional 2020
"Santri Sehat Indonesia Kuat"

VIDEO PILIHAN