Mohon tunggu...
Pebrianov
Pebrianov Mohon Tunggu... Pembaca yang khusyuk dan penulis picisan. Dulu bercita-cita jadi Spiderman, tapi tak dibolehkan emak

Bersukarialah dengan huruf, kata dan kalimat. Namun jangan ambil yang jadi milik Tuhan, dan berikanlah yang jadi hak kaisar.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Lawan Berat Timnas U-23 Indonesia Berikutnya, Diri Sendiri

4 Desember 2019   00:06 Diperbarui: 4 Desember 2019   16:00 0 15 8 Mohon Tunggu...
Lawan Berat Timnas U-23 Indonesia Berikutnya, Diri Sendiri
peTiga main kunci Timnas Indonesia : Egy Maulana, Saddil Ramdani dan Osvaldo Haay. I sumber gambar : kompas.com

Laos boleh saja kalah secara teknis, tetapi ada satu hal yang bisa bikin ambisi Timnas Indonesia terkubur dalam secara tragis. 

Timnas U23 Indonesia berhasil pesta 8 gol tanpa balas ke gawang Brunei pada laga keempat babak penyisihan grup sepakbola SEA Games 2019 di Filipina. Untuk sementara, kemenangan tersebut menempatkan posisi Indonesia di peringkat kedua grup B.

Indonesia naik satu peringkat menggantikan Thailand yang sempat bercokol di peringkat kedua.

Pada laga keempat, Thailand juga memenangkan pertandingan melawan Laos dengan skor 2-0. Namun kemenangan besar Timnas U23 Indonesia telah mengalahkan mereka dalam selisih gol yaitu 13:2 (memasukkan 13 gol, kemasukan 2 gol), ditambah unggul head to head (pernah mengalahkan Thailand).

Sedangkan selisih gol Thailand 12 : 2 dan kalah head to head terhadap Indonesia.

Di atas kertas, peluang Timnas Indonesia masuk semifinal sangat besar dibandingkan Thailand karena lawan terakhir Timnas Indonesia adalah Laos yang relatif lebih lemah. Sementara Thailand harus saling bunuh dengan Vietnam, di mana kedua tim sama-sama tangguh. 

Kalau Thailand kalah atau seri lawan Vietnam, sementara Indonesia cukup menang tipis atas Laos, maka Indonesia menempati posisi kedua dan masuk babak semifinal mendampingi Vietnam yang jadi juara grup B.

Kalau Indonesia kalah lawan Laos, dan Thailand juga kalah lawan Vietnam maka posisi runner up grup B ditentukan berdasarkan selisih gol Indonesia dan Thailand. Jumlah kekalahan kedua tim sangat berpengaruh pada perhitungan selisih gol tersebut.

Klasmen sementara grup B I Sumber gambar : bola.net
Klasmen sementara grup B I Sumber gambar : bola.net
Secara perhitungan di atas kertas, Indonesia lebih tangguh dan bisa mengatasi Laos. Kekuatan Timnas Indonesia secara teknis sudah tidak diragukan lagi dibandingkan tim lemah Laos. 

Namun jangan lupa, petandingan bola seringkali memunculkan kejutan yang bikin jantung copot para pecinta sepak bola. Pelatih, penonton, dan pengamat bola hanya bisa pasrah ketika laga sedang berlangsung. Semua  hasil ditentukan oleh perilaku para pemain di lapangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN