Mohon tunggu...
Gunawan S. Pati
Gunawan S. Pati Mohon Tunggu... dosen

Penikmat buku dan pengamat pendidikan dan sosial.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

Yuk Manfaatkan Kardus Karton Bekas untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris

12 Juni 2021   21:14 Diperbarui: 18 Juni 2021   03:15 420 29 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Manfaatkan Kardus Karton Bekas untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris
ilustrasi belajar bahasa Inggris. (sumber: pixabay.com/BiljaST)

Apa yang kita bayangkan jika membaca suatu kalimat yang terdiri 10 kata tetapi yang tahu artinya hanya 3 kata? Tentu saja kita tidak mengerti makna kalimat tersebut. Ini baru satu kalimat bagaimana dengan satu paragraph atau  satu bacaan. 

Tentu kita jelas tambah bingung dan tidak tahu apa yang perlu dikerjakan. Jika dalam satu kalimat yang tidak tahu hanya satu atau dua kata masih bisa diterka artinya dari konteks kalimatnya. Harus kita akui bahwa sebagian besar siswa SMP, SMA dan SMK masih minim penguasaan kosa kata bahasa Inggris. 

Oleh karena itu nilai ujian nasional (UN) rata-ratanya jauh dari harapan alias jelek. Sebagian besar soal bahasa Inggris memang soal bacaan dan diharapkan siswa mampu memahami apa yang telah mereka baca.

Jika kosa kata yang dikuasai jumlah minim sekali jangan harap siswa mampu memahami isi bacaan.                           

Tahukan Anda berapa jumlah kosa kata bahasa Inggris? Hampir tidak mungkin menghitung dengan tepat jumlah kosa kata bahasa Inggris The Global Language Monitor yang menghitung jumlah kosa kata khususnya di media. 

Jumlah kosa kata bahasa Inggris hampir 1 juta, atau tepatnya 988. 968, tentunya jumlah kosa kata tersebut terus berkembang, kosa kata baru muncul dengan adanya teknologi internet seperti kata blog, podcast dan website dan lain lain (McCarten, 2007). 

Diharapkan siswa sekolah menegah pertama menguasai sekitar 2000 kosa kata yang sering dipakai (frequency words)  dan sekolah menengah atas sekitar 3000.

Sebenarnya sudah banyak upaya yang sudah pernah dicoba para guru untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris. Hanya saja hasilnya kurang optimal akibat jumlah jam belajar bahasa Inggris yang terbatas sekitar 4 jam per minggu. 

Apalagi setelah pelajaran sekolah selesai siswa tidak pernah menggunakan kosa kata tersebut. Kecuali siswa yang rajin belajar dan mengikuti kursus bahasa Inggris pengusaan kota katanya bisa berkembang.

(sumber: freepik)
(sumber: freepik)
Saya akan mencoba berbagi pengalaman (sharing) meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris bagi siswa. Sebenarnya teknik yang akan saya sampaikan lebih cocok untuk jenjang siswa SD maupun SMP tetapi bisa juga dipakai untuk siswa SMA. 

Hal-hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut. Pertama, siapkan kardus karton bekas tempat susu atau sejenis yang dapat digunakan untuk menulis kosa kata dan jelas tulisannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN