Mohon tunggu...
Paulus Tukan
Paulus Tukan Mohon Tunggu... Guru dan Pemerhati Pendidikan

Mengajar di SMA dan SMK Fransiskus 1 Jakarta Timur

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar dari MPLS Hari Pertama

14 Juli 2020   08:22 Diperbarui: 14 Juli 2020   08:21 79 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar dari MPLS Hari Pertama
MPLS hari pertama menggunakan Zoom (dokpri)

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang menandai permulaan tahun ajaran 2020/2021 sudah dimulai kemarin, Senin, 13 Juli 2020, dan hari ini memasuki hari kedua. Pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa kelas baru untuk semua jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah dilaksanakan secara daring, seperti menggunakan aplikasi Zoom.

Sebagaimana biasa, setiap permulaan kita melakukan suatu kegiatan, ada-ada saja pengalaman di lapangan yang menarik perhatian. Ada kejadian yang membuat kita tersenyum atau tertawa. Ada kejadian yang bersifat mengganggu kegiatan kita. Tidak luput juga dengan pelaksaan MPLS kali ini.

Namun, gangguan atau kekurangan di hari pertama ini dijadikan sebagai pembelajaran bagi sekolah agar di hari kedua dan ketiga, kegiatan kita berjalan dengan lancar dan sukses.

Semangat Siswa

Pantas kita apresiasi semangat siswa baru dalam mengikuti MPLS secara daring. Sehari atau bebera hari sebelumnya sekolah sudah mengumumkan aplikasi yang akan digunakan, termasuk ID dan PW, serta waktu untuk mulai melakukan join meeting.

Tidak heran, ada siswa yang mengeluh bahwa dia tidak bisa masuk ke aplikasi Zoom. Begitu juga di pagi hari Senin. Banyak siswa mengeluh bahwa mereka gagal masuk ke Zoom. Ya, jelas tidak bisa, karena belum waktunya. Sang Host atau admin belum membuka kesempatan untuk join meeting.

Antusias Orangtua

Memang, ini adalah MPLS pertama yang berlangsung secara daring. Bukan hanya siswa yang bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini. Orangtua pun tidak ketinggalan. Ada orangtua yang meminta agar mereka diperbolehkah mengikuti pertemuan via Zoom. Ada juga orangtua yang meminta agar mereka boleh mendampingi anaknya ketika pertemuan.

Kita patut mengapresiasi semangat orangtua ini. Di tengah keprihatinan kita akan dampak pandemi virus corona, orangtua justru menaruh perhatian yang besar terhadap pendidikan anak-anaknya.

Ketertiban Siswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN