Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Demi Pasar Digital, Jokowi Perintahkan Johnny Plate Kebut Infrastruktur Digital

16 Desember 2021   12:23 Diperbarui: 16 Desember 2021   12:37 163 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Johnny Plate: Kominfo.go.id

Jokowi Perintahkan Johnny Plate Percepatan Pembangunan Infrastruktur Digital

Presiden Jokowi, saat meresmikan Gerakan  Akselerasi Generasi Digital meminta Johnny Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informasi agar potensi pasar digital yang sangat besar, jangan sampai diambil negara asing. Pembangunan infrastruktur digita harus dipercepat. Kunci agar pasar digital tetap di dalam negeri.

Jadi ingat, kala debat pilpres 2019 lalu, gagasan Jokowi mengenai tol langit menjadi bulan-bulanan  kubu Prabowo. Biasa, bukan soal gagasan, namun pokok e salah dan jelek.  Atau sebaliknya, ketika kubu Prabowo malu karena tidak paham unicorn, untung masih nyambung, oh yang online-online itu ya?

Kini, yang online-online itu menjadi kebutuhan sangat mendesak, karena pandemi.  Semua gaya interaksi yang berubah total, juga membuat perdagangan pun berbeda. Ketika interaksi terbatasi, kebutuhan tetap jalan,  perdagangan digital menaguk keuntungan secara tidak langsung.

Tol langit, bukan dalam konteks dan konsep seperti jalan tol, pembangunan fisik, semen diaduk, makanya ada politikus yang mengatakan rakyat tidak makan semen. Tetapi rakyat butuh akses cepat dari kota ke kota, bukan semen untuk dimakan.

Nah, tol langit itu adanya kesinambungan dari Sabang hingga Merauke dengan adanya jaringan internet yang sebisa mungkin sama. Pembangunan itu telah dikebut dengan adanya satelit Satria, BTS di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan. Ribuan BTS dibangun demi anak negeri merasakan hal yang sama dengan Jawa dan Jakarta khususnya.

Jaringan 5G yang lebih cepat dan penting juga sudah makin luas jangkauannya.  Demi melayani dunia digitai yang lebih memanjakan masyarakat. Bekerja sama dengan swasta dan tentu saja BUMN sehingga layanan digital untuk masyarakat bisa maksimal.

Pusat Data Nasional, untuk menjamin keamanan data masyarakat, Presiden juga menyinggung mengenai pemerintahan elektronik, digitalisasi layanan pemerintahan. Hal yang perlu pusat data yang memadai. Semua sudah tersedia.

Presiden wajar memerintahkan Johnny Plate mempercepat pembangunan infrastruktur yang sangat penting untuk digitalisasi semua lini ini. Pandemi membuat pola kehidupan berubah. Bekerja dari rumah, belajar dari rumah, belanja juga dari rumah tentu saja. Potensi gede karena bangsa ini sangat besar, penduduknya masuk lima besar dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan