Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Johnny Plate Harapkan Solusi Pemulihan Ekonomi dengan Mengajak Media Sukseskan Presidensi G-20 Indonesia

28 November 2021   18:15 Diperbarui: 28 November 2021   18:17 92 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ajak Media Sukseskan Presidensi G20 Indonesia, Johnny Plate Harapkan Solusi Pemulihan Ekonomi

Jelang pertemuan Presidensi G20 Indonesia 2022, Menkominfo Johnny Plate yang memandu Courtesy Briefing: Welcoming Indonesia's Precidency in 2022 bersama Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Gubernur BI Perry Warjiyo, Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko berharap besar pada para pemangku kepentingan. Johnny berharap semua pemangku kepentingan khususnya media untuk terlibat dengan lebih efektif dan berkolaborasi menyukseskan perhelatan internasional tersebut.

Menurut Johnny, diskusi yang digelar bertujuan untuk mengedukasi, menginformasikan dan mempromosikan Presidensi G20 Indonesia kepada publik di Indonesia supaya menarik komunitas internasional untuk datang dan terlibat dalam Presidensi G20 Indonesia yang akan datang.

Ini jelas jadi alasan seorang Johnny Plate, Presidensi G20 Indonesia akan jadi momentum penting untuk pembahasan agenda pemulihan ekonomi dari dampak pandemi di semua sektor kehidupan. Rencananya, lebih dari seratus agenda pertemuan di tingkat menteri dan pemimpin negara G20 akan digelar untuk mewujudkan visi Recover Together, Recover Stronger.

Johnny Plate bersama jajaran menteri berharap semua pemangku kepentingan terutama media bisa membangun komunikasi publik yang baik.

Soal pemulihan ekonomi Indonesia, Menko Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan bahwa Indonesia akan membawa intervensi demi menjawab tantangan dalam pemulihan ekonomi. Menurut Airlangga, perhelatan tersebut jadi momentum Indonesia meningkatkan diplomasi ekonomi. Selain demi menciptakan arsitektur ekonomi, menurut Airlangga momentum Presidensi G20 ini bisa mengembalikan kepercayaan global.

Di sisi lain, Menlu Retno Marsudi mengatakan bahwa sudah jadi DNA politik luar negeri Indonesia bahwa Indonesia konsisten menjadi bagian dari solusi, menjembatani perbedaan dan selalu menyuarakan kepentingan negara berkembang termasuk negara kepulauan kecil di Pasifik dan Karibia. Indonesia juga akan merangkul berbagai kalangan dari perempuan, pemuda, akademisi, dunia usaha hingga parlemen, ucap Retno.

Dari sisi sistem finansial, Sri Mulyani meyakinkan bahwa Forum G20 ini akan jadi momentum pemulihan ekonomi dunia terlebih lagi jika pandemi Covid-19 masih terjadi. Sri Mulyani menyoroti ketidakmerataan akses vaksinasi, munculnya komplikasi dari sisi ketersediaan dan inflasi serta kenaikan harga komoditas. Sri Mulyani juga menyoroti dampak permanen dari pandemi ini terhadap perekonomian di dunia. Secara spesifik yang akan diangkat oleh Sri Mulyani yaitu digital currency, global taxation agreement, climate change dan kemajuan pengelolaan keuangan bagi negara-negar berkembang dan yang dalam kondisi gawat.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan berharap momentum penyerahan tuan rumah G20 kepada Indonesia jadi momen Indonesia mengukuhkan pengaruhnya di tingkat global.

Luhut juga mengatakan bahwa posisi Indonesia di mata pemimpin dunia sudah diakui setelah berhasil mengontrol penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia. Luhut meyakinkan bahwa dengan menjadi tuan rumah di G20 bangsa Indonesia semakin percaya diri bisa menangani masalah yang begitu kompleks dengan disiplin dan kolaborasi.

Sementara itu, Moeldoko mengingatkan lagi arti penting meningkatkan penyebaran informasi dan pendidikan publik mengenai Presidensi G20 Indonesia supaya dukungan positif dari media dan masyarakat bisa mendorong komunikasi yang ekfektif dan tepat sasaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan