Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Jalan Sunyi Johnny Plate di Tengah Pandemi

30 Juli 2021   21:01 Diperbarui: 30 Juli 2021   21:03 264 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jalan Sunyi Johnny Plate di Tengah Pandemi
detik.com

Pandemi ini, sudah berlangsung hampir dua tahun, di negeri Indonesia khususnya ada yang memanfaatkan untuk bermain politik. Riuh rendah ya para pemain politik terutama parpol yang ada pada barisan oposisi bersama dengan kelompok sakit hati.

Kelompok yang ada pada barisan sakit hati ini ialah, organisasi massa terlarang, pecatan pejabat, dan masa lalu yang merasa tersingkirkan. Narasi yang asal beda dengan pemerintah sangat terasa. Begitu pemerintah, dalam hal ini satgas memutuskan sebuah kebijakan, mereka langsung bereaksi kebalikannya, bisa ditengarai mereka barisan ini.

Toh, yang ada di kabinet, bagian pemerintahan, suka atau tidak, sedikit banyak juga ada yang menumpang tenar dengan keberadaan virus yang menyita perhatian, energi, dan pemikiran seluruh bumi ini. Wajar sih, bagi sebuah negara gede, demokrasi masih latihan, kalau mereka menggunakan segala cara untuk tampil dan menjadikan covid 19 sebagai panggung.

Politik kita memang masih asal tenar, bukan kudu benar dan berprestasi. Asal sering nongol di media, mau itu settingan atau betulan, publik belum sepenuhnya mampu atau mau membedakan. Lihat saja, selama menjabat tidak berbuat apa-apa, waktu menjelang pemilu langsung aksi seolah-olah paling berjasa dan pekerja keras.

Ada pula politikus kelas jalanan, menebar banner dengan menyewa sangat mahal di pinggir-pinggir jalan.  Bayangkan saja, jika uang itu digunakan untuk membantu sesama, tetangga, kerabat, atau pemilih mereka di tengah pandemi ini.

Johnny Plate, meskipun politikus, jabatan Menkominfo tidak ikut-ikutan heboh dalam  menunggangi virus paling menghebohkan ini.  Padahal banyak kesempatan jika memang mau menggunakannya sebagai panggung politik pribadi.

Prestasi, capaian, dan kinerja menjadi pilihan Johnny Plate di dalam kondisi yang serba baru, semua tergeragap, dan tidak siap. Eropa, sebagai kiblat kemajuan saja jatuh bangun. Pun Amerika sebagai negara yang paling maju sama saja. Kebingungan.

Siapa sih yang siap? Hanya  oposan sok tahu yang merasa mampu dan bisa. Padahal pernah berkuasa dan kacau balau.

Pandemi ini sudah memberikan banyak sikap, cara, dan perilaku hidup baru. Terutama kebutuhan akan internet. Pendidikan, perdagangan, dan tidak ketingggalan bekerja. Aneka pekerjaan harus dilakukan dari rumah, demi menekan potensi penyebaran si covid.

TV Digital

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN