Mohon tunggu...
Paul Nongkang
Paul Nongkang Mohon Tunggu... Insinyur - 2 Thessalonians 3:3

Masih bermimpi tentang menjadi mahasiswa pascasarjana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Semua punya Hak yang Sama

30 Mei 2019   19:22 Diperbarui: 30 Mei 2019   19:33 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Memberikan pengertian kepada anak tentang penyandang disabilitas memang salah satu cara yang baik untuk memumpuk rasa saling menghargai antara satu dengan lainnya, mungkin cara ini memang masih tergolong cara yang cukup kuno untuk digunakan pada zaman sekarang. namun menurut saya cara masih efektif karena dengan kita diberikan pengertian bahwa kita membutuhkan orang lain dan orang lain juga membutuhkan kita terlebih lagi dengan penyandang disabilitas yang tanpa disuruh ataupun diminta kita dengan kesadaran diri untuk membantu.
Namun walaupun kita sudah diberikan pengertian sejak dinipun masih banyak orang yang kurang peka ataupun kurang menghargai penyandang disabilitas. Dukungan dari pemerintah untuk lebih memperhatikan para penyandang disabilitaspun masih kurang, contoh yang paling mudah kita jumpai yaitu mengenai fasilitas umum yang kurang memadai untuk para penyandang disabilitas. Fasilitas umum yang harusnya bisa dinikmati bersamapun menjadi tempat yang kurang bersahabat bagi teman - teman disabilitas.
Tempat perbelanjaan, toilet umum dan bahkan halte bus yang bisa digunakan untuk umumpun terkadang kurang bisa dinikmati oleh penyandang disabilitas, perlu adanya fasilitas pembantu yang baik agar semua bisa dinikmati secara bersama bukan untuk golongan tertentu. Dengan adanya perhatian khusus dari pemerintah secara nyata diharapkan bisa membuat masyarakat bisa lebih peka dan sadar bahwa penyandang disabilitas bukan orang yang mempunyai kekurangan tapi orang yang berhak mendapatkan hal yang sama dengan kita. 
Dulunya kurang bisa mengerti mengapa kita harus memahami mereka karena kekurangan mereka adalah pemberian dari Tuhan jadi mereka harus menerimanya, waktu berjalan dan dengan cepat saya mengerti bahwa mereka sangat membutuhkan bantuan kita untuk hal yang menjadi kekurangan mereka. sempat terlintas dibenak saya bahwa hal itu merupakan hal yang merepotkan bagi saya. 
Kegiatan amal yang membuat saya membuka mata dan menepis pandangan bahwa penyandang disabilitas merupakan orang yang hanya bisa membuat susah orang lain. saya merasa bahwa mereka mempunyai banyak hal yang diluar pikiran saya dan membuat saya merasa iri karena dengan kekurangan mereka mereka bisa melakukan hal yang kita sebagaimana orang normal saja terkadang susah untuk melakukannya. 

Terkagum bahwa pada kenyataannya mereka mempunyai kelebihan yang tidak saya punyai, saya memberanikan diri untuk bertanya bagaimanakah rasanya menjadi disabilitas. Jawaban yang saya dapatkanpun membuat saya terkagum dikarenakan mereka adalah orang yang berjuang keras untuk membuat orang lain tidak merasa terbebani dengan adanya mereka. Mereka mempunyai semangat yang tidak kita punyai, Jadi jangan pernah menganggap rendah dan meremehkan penyandang disabilitas karena anda belum tentu bisa seperti mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun