Mohon tunggu...
Paulina Sihaloho
Paulina Sihaloho Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Aku pelajar SMA Bintang Timur, Pematang Siantar. Aku menulis untuk mengasah dan mempertajam pikiran, serta menjadikan hidupku lebih baik dari hari ke hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hari Pertama Masuk Sekolah

10 Januari 2023   00:00 Diperbarui: 10 Januari 2023   00:19 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Dok.pri: Pagi ini - Hari

pertama aku masuk sekolah - 9 Jan. 2023)

Hari ini, Senin 9 Januari 2023 adalah hari pertama aku masuk sekolah setelah libur semester selama 3 minggu. Aku sekolah di SMA Bintang Timur, Yayasan Perguruan Katolik, St. Laurensius, Pematang Siantar. 

Libur sekolah aku pulang kampung ke Urung Panei.  Ini sebuah kampung di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. 

Selama liburan di kampungku, ada sebagian besar hari-hariku aku lewatkan di rumah. Ini terjadi karena kedua orang tuaku kadang harus menghadiri pesta-pesta adat Batak di mana mereka harus berangkat pagi dan pulang menjelang malam. Kedua orang tuaku meninggalkan kami di rumah saja, tidak perlu ke ladang. Ladang kami juga agak jauh dari rumah dan di dalam perjalanan ke ladang, kami harus melewati daerah di mana ada banyak pohon besar. Di pohon besar itu sering bergelantungan para kera. 

Bukan hal aneh kalau sedang memetik cabe, segerombolan kera bisa mengendap-endap mendatangi ladang kami di mana tumbuh pohon-pohon jagung. Sekali waktu, kejadian itu berlangsung. Aku dan adekku si N. Abigael mencoba menyuruh para gerombolan kera itu untuk meninggalkan ladang jagung kami yang tidak terlalu jauh dari kebun cabe. Mereka memang pergi tetapi begitu aku dan adekku kembali lagi memetik cabe, para gerombolan itu balik lagi mengambili buah-buah jagung. 

Kami biarkan saja gerombolan kera itu, yang datang bersama anak-anak mereka mengambili buah jagung. Apa daya?

Hari ini di kelas, hari pertama masuk sekolah, sebagian dari kami para murid diminta oleh guru yang pertama masuk di kelas untuk berbagi kisah pengalaman selama liburan sekolah. Aku salah satu dari sebagian murid yang maju ke depan bercerita.

Hal-hal yang aku sampaikan di depan kelas hari ini adalah:

1. Aku menyampaikan selamat tahun baru kepada guru dan semua teman-teman kelasku; minta maaf kepada mereka kalau aku ada melakukan atau mengucapkan hal-hal yang kurang berkenan bagi mereka; juga, atas nama kelas, aku menyampaikan hal yang sama kepada guru kami, mengucapkan terima kasih kepada guru yang telah sabar, setia dan baik hati mendidik kami dalam enam bulan berlangsung di semester I.

2. Aku menceritakan apa yang aku kerjakan di kampung selama liburan: melewatkan hari-hari yang menyenangkan dengan sebagian sepupuku yang datang dari rantau, mengerjakan pekerjaan-pekerjaan sehari-hari di rumah, dan ketika para perantau itu sudah pulang, aku ikut ibu dan bapakku ke ladang.  

Dok.pri: Image caption(Adikku sedang memotong padi kami di Urung Panei  ditemani oleh para pengawalnya)
Dok.pri: Image caption(Adikku sedang memotong padi kami di Urung Panei  ditemani oleh para pengawalnya)

3. Aku menyampaikan juga tadi di depan kelas harapanku agar kami sebagai murid-murid di kelas kami menjadi lebih solid, lebih solider dan saling mendukung dalam perjalanan kami belajar di SMA Bintang Timur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun