Mohon tunggu...
Karir

Berkembangnya Sekolah Penerbangan di Yogyakarta terhadap Penyerapan Tenaga Kerja

11 Mei 2019   09:04 Diperbarui: 11 Mei 2019   09:37 0 0 0 Mohon Tunggu...

Di era pemerintahan saat ini, kurang lebih sudah terdapat 10 pembangunan infrastruktur bandara baru di Indonesia. Pembangunan bandara -- bandara baru di Indonesia bertujuan untuk konektivitas antar daerah di Indonesia untuk memperlancar kegiatan ekonomi  dan meningkatkan perekonomian.

Banyaknya pembangunan bandara -- bandara baru di Indonesia berimbas kepada kebutuhan akan banyaknya SDM (Sumber Daya Manusia) atau tenaga kerja yang mempunyai skill/keterampilan khusus sebagai penunjang kegiatan operasional di Bandara.

Bagi muda -- mudi yang berkeinginan bekerja di bandara, tidak ada salahnya jika terlebih dahulu bisa membekali diri  dengan skill dan tentunya pengetahuan tentang penerbangan dan kebandarudaraan. Dengan bekal yang sudah ada, pastinya dapat membantu, dapat menyesuaikan dengan tuntutan kerja di bandara. 

Pengetahuan penerbangan, kebandarudaraan dapat diperoleh dengan mengikuti pendidikan ataupun pelatihan di sekolah penerbangan maupun lembaga -- lembaga pelatihan profesi penerbangan.

Untuk di Indonesia, khususnya Yogyakarta saat ini sudah banyak sekolah penerbangan maupun lembaga pelatihan penerbangan yang menyediakan berbagai pilihan program Staf Penerbangan. Salah satu lembaga pelatihan penerbangan di Yogyakarta yang menyediakan program staf bandara yaitu Patriot Bangsa Aviation Training Center yang ada di Jl. Raya Janti 90b, karangjambe, banguntapan, bantul , Yogyakarta. 

Di Patriot Bangsa Aviation Training Center terdapat pilihan program Khusus (LISENSI) dan Reguler. Program Khusus (LISENSI) meliputi: Basic Aviation Security, Aircraft Marshaller, dan Ground Support Equipment. Program Reguler (Non LISENSI) meliputi: Pramugari/A, Ground Staf, Cargo Service, Tiketing Reservasi. Seluruh program dapat ditempuh dengan waktu singkat, 4 bulan pelatihan untuk program reguler dan 3 bulan pelatihan untuk program khusus.