Mohon tunggu...
Patricia Lonteng
Patricia Lonteng Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswi

Saya Patricia Lonteng seorang mahasiswi di Universitas Negeri Manado Fakultas Ilmu Pendidikan Prodi Psikologi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Merefleksikan Apa Yang Telah Dipelajari dalam Mata Kuliah Statistika

13 Maret 2024   22:06 Diperbarui: 13 Maret 2024   22:16 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkenalkan nama saya Patricia Lonteng, mahasiswi Psikologi di Universitas Negeri Manado. Saya akan merefleksikan apa yang telah saya dapatkan dalam mata kuliah Statistika.

Pada hari Kamis tanggal 7 Maret 2024, saya berada di kelas mata kuliah Statistika yang dibawakan oleh ibu Juliana Sumilat.

Pada mata kuliah Statistika ada beberapa hal yang saya pelajari, yang pertama tentang hal yang dilakukan dalam statistika seperti mengumpulkan data, menyusun data, menyajikan data dan lain sebagainya. Dari hal-hal tersebut dapat digunakan melalui Statistika Deskriptif (tanpa uji hipotesis dan pengambilan kesimpulan) dan melalui Statistika Inferensi (dilakukan uji hipotesis, interpretasi, serta diambil kesimpulan). Dipelajari juga bagaimana Statistika berperan dalam metode ilmiah. 

Ibu Juliana juga memberikan kami pembelajaran mengenai jenis dari data Statistika yaitu Data Kualitatif dan Data Kuantitatif, perbedaan diantara keduanya adalah Kualitatif bukan angka dan Kuantitatif menggunakan angka. Dari kedua jenis tersebut terdapat tingkat skalanya yaitu Data Nominal (diperoleh dari cara kategorisasi), Data Ordinal (diperoleh dari cara kategorisasi,tapi diantara data ada hubungannya), Data Interval (diperoleh dengan cara pengukuran jarak antara kedua titik skala sudah diketahui, tidak memiliki titik 0 absolut), dan Data Rasio (diperoleh dengan cara pengukuran jarak antara kedua titik skala sudah diketahui, dan mempunyai titik 0 absolut).
Saya juga mempelajari dan mengetahui cara membuat bentuk-bentuk grafik seperti Grafik Batang, Grafik Lingkaran, Grafik Garis, Grafik Interaksi.
Setelah ibu Juliana menjelaskan materi-materi yang ada, saya bersama teman-teman juga diberikan latihan soal untuk membuat distribusi frekuensi dari data nilai.

Sekian yang boleh saya beritahukan tentang apa yang saya pelajari pada pertemuan Statistika, terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun