Mohon tunggu...
Pasya Ariq
Pasya Ariq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kuliah Kerja Praktek Perancangan Sistem Administrasi Manajamen Tanaman Hias di Win's Cultura Berbasis Android

26 Juni 2022   21:04 Diperbarui: 1 Juli 2022   23:47 78 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama Direktur Win's Cultura Bagian 1. Dokpri

Fakultas Teknik Informatika Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan program Kerja Praktek yang mana program ini wajib bagi Mahasiswa semester 6. Pada Periode Akademik Semester Genap 2021/2022 ini Kami Mahasiswa Universitas Pamulang melakukan kegiatan Kerja Praktek (KP) Yang Di bimbing Oleh Wasis Haryono S.Kom.,M.Kom., yang Beranggotakan Muhammad Pasya Ariq, Ricky Wijaya, Muhammad Fadly.

Kerja Praktik (KP) adalah matakuliah yang menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi secara langsung di lapangan. Kerja praktik dilaksanakan dengan cara magang kerja di suatu instansi atau lembaga terkait dengan tujuan : Memberi wawasan kepada mahasiswa tentang dunia kerja yang sebenarnya.

Sebelumnya kami sudah melakukan wawancara dan observasi pada instansi terkait. Disini kami selaku mahasiswa melaksanakan kerja praktek di Win's Cultura mulai tanggal 12 maret sampai tanggal 2 juli. Kami telah Melakukan Kegiatan Kerja Praktek untuk Toko Tanaman Win's Cultura. Sasaran Kegiatan Kerja Praktek ini adalah sistem administrasi manajemen tanaman yang terdapat pada instansi tersebut. 

Pada Kerja Praktek pihak instansi minta dibuatkan sistem administrasi manajemen tanaman berbasis android untuk memudahkan penjualan tanaman di divisi marketing yang terdapat pada instansi tersebut.

Selama pelaksanaan kerja praktek pada Toko Tanaman Hias Win's Cultura. Hal-hal yang didapatkan selama melakukan kerja praktek Toko Tanaman Hias Win's Cultura seperti: 

~ Cara Merawat Tanaman Hias, perawatan tanaman dilakukan setelah proses penanaman selesai. Tahap ini sangat penting dilakukan, sebab ketika cara merawat tanaman tidak benar bisa menyebabkan tanaman mati. Perawatan tanaman hias umumnya tidak sulit.

Cara merawat tanaman hias yang baik dan benar. 

1. Penyiraman. Cara memelihara tanaman hias yang pertama yaitu dengan melakukan penyiraman. Air memberikan peran penting untuk pertumbuhan tanaman. Fungsi air yaitu untuk membentuk tubuh, pelarut hara, untuk membantu fotosintesis, dan menetralkan suhu tubuh tanaman. Namun jika tanaman terlalu banyak disiram juga bisa menyebabkan akar membusuk. Jadi pastikan jumlah air yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan.  

2. Penyulaman. Penyulaman adalah kegiatan menanam kembali tanaman yang mati. Saat mendapati tanaman kita ada yang mati, segeralah untuk menanam kembali. Hal ini dimaksudkan agar tanaman sulaman tidak berbeda dengan tanaman yang sudah di tanaman sebelumnya. Sehingga pertumbuhan seluruh tanaman menjadi seragam. 

3. Penyiangan. Cara merawat tanaman agar tumbuh subur selanjutnya yaitu dengan melakukan panyiangan. Kegiatan ini bermaksud untuk menghilangkan gulma atau tanaman lain yang kehadirannya tidak dinginkan. Penyiangan dilakukan setidaknya 2 sampai 3 kali, namun intensitas penyiangan bisa disesuaikan dengan kondisi di tempat tanaman tumbuh. Pengendalian gulma bisa dilakukan secara mekanis, kimiawi, biologi, atau terpadu. 

4. Pemupukan. Tahap perawatan berikutnya yaitu pemupukan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Pupuk yang diberikan biasanya terbagi menjadi dua yaitu pupuk dasar dan pupuk susulan. Pupuk dasar yang biasanya digunakan yaitu pupuk kandang atau kompos. Sedangkan pupuk susulan berupa pupuk NPK yang diberikan 2 – 3 kali selama masa pertumbuhan. Pemupukan harus memperhatikan unsur 5T yaitu tepat tempat, tepat cara, tepat dosis, tepat waktu, dan tepat jenis. Hal ini dimaksudkan agar pemupukan yang dilakukan efektif dan efisien. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan