Mohon tunggu...
Pasukan Beringin
Pasukan Beringin Mohon Tunggu... Akun Sosialisasi dan Edukasi Politik Partai Golkar

Akun Sosialisasi dan Edukasi Politik Partai Golkar dan Kiprah Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto

Selanjutnya

Tutup

Politik

Etika dan Kesantunan, Modal Sosial Airlangga Hartarto

3 Desember 2019   15:24 Diperbarui: 3 Desember 2019   15:42 0 0 0 Mohon Tunggu...

Etika dan kesantunan dalam berpolitik menjadi modal sosial bagi sosok Airlangga Hartarto. Dua hal ini menjadi kekuatan dari Ketua Umum Partai Golkar ini, terutama untuk menghadapi kontestasi di Musyawarah Nasional Partai Golkar nanti.

Etika dan kesantunan inilah yang dilihat dan diyakini oleh sejumlah kader Golkar di daerah yang menyatakan mendukung Airlangga di Munas mendatang. Ketua I DPD Golkar Tingkat I Maluku, Said Assagaff mengatakan, seluruh Kader Partai Golkar harus memiliki loyalitas yang tinggi dan komitmen dalam pilihan politik. Bagi Assagaff, bermain dua kaki bukanlah sifat seorang kader Golkar yang baik.

"Dari pengalaman saya berpolitik, tak baik bermain dua kaki, apalagi di Partai Golkar tercinta ini. Kita harus loyal, komitmen dan terus konsisten," Ujar Said Assagaff, Senin (25/11).

Menurut Said Assagaff, walaupun pengalaman tokoh politik mungkin saja berbeda-beda, Namun dalam dunia politik, etika dan kesantunan harus selalu diperhatikan dan dipertimbangkan. Dua hal itu pula yang disebutnya menjadi kekuatan dari Airlangga Hartarto, petahana ketua umum Partai Golkar.

"Pak Airlangga memiliki etika politik yang baik. Kami di daerah sangat merasakannya. Belum lagi bicara soal kinerja atau keberhasilannya dalam memimpin Partai Golkar selama dua tahun terakhir ini," kata Gubernur Maluku 2014-2019 itu.

"Kami dari DPD Tingkat I Maluku dan 11 DPD Tingkat II sejak bulan Juli lalu sudah menyampaikan kebulatan tekad kepada Pak Airlangga. Kami semua akan mendukung beliau di Munas Golkar nanti. Sikap kami tak pernah berubah," imbuhnya.

Assagaff mengatakan,  dukungan kepada Airlangga mengalir saat tokoh senior Golkar hadir dalam Rapimnas lalu.

Seperti yang diketahui, dalam Rapimnas Golkar yang diadakan 14-15 November 2019, sebagian besar DPD Partai Golkar Provinsi se-Indonesia menginginkan Airlangga Hartarto kembali menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Wakil Koordinator Bidang Penggalangan Khusus DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, aspirasi tersebut terlihat jelas dari pandangan umum yang disampaikan oleh para Ketua DPD Golkar.

"Yang secara eksplisit menyatakan dukungannya kepada Airlangga disampaikan Kalsel, Jawa Barat, Sulut, NTT, Sumut, Riau, Kaltim, Lampung, Kalbar, Gorontalo, DKI Jakarta, Bengkulu, Jawa Timur, Sumsel, Yogyakarta, Sulbar, Banten, Sulteng, Kalteng, Jateng, NTB, Kaltara, Sulsel, Papua, Maluku, Malut, Babel dan Jambi," kata Ace Hasan Syadzily.

Selain itu dukungan serupa juga disampaikan oleh organisasi sayap, KPPG dan AMPG, serta organisasi seperti Kosgoro 1957, MKGR, HWK, AMPI, dan Pengajian Al Hidayah.

"Dengan demikian, dukungan terhadap Airlangga Hartarto ini semakin memperkuat terpilihnya kembali sebagai Ketua Umum Partai Golkar," tambahnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x