Mohon tunggu...
Ishak Pardosi
Ishak Pardosi Mohon Tunggu... Editor - Spesialis nulis biografi, buku, rilis pers, dan media monitoring

Spesialis nulis biografi, rilis pers, buku, dan media monitoring (Mobile: 0813 8637 6699)

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Basilio Dias Araujo, Ketua Alumni Fakultas Sastra dan Bahasa UKI Jakarta

30 Mei 2021   14:06 Diperbarui: 30 Mei 2021   14:09 992 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Basilio Dias Araujo, Ketua Alumni Fakultas Sastra dan Bahasa UKI Jakarta
Foto: Maritim.go.id (Repro)

Akan muncul sederet portal berita yang berisi informasi jika mengetikkan nama ini di mesin pencari: Basilio Dias Araujo. Dari sejarah lepasnya Timor Timur (Timtim) dari NKRI pada 1999 silam hingga bagaimana cara berbicara bahasa Portugis dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk Timtim, Basilio merupakan salah satu tokoh Pro Integrasi, yang memilih untuk tetap setia dengan Merah-Putih. Tambahan lagi, Basilio adalah penulis buku penulis buku tentang bahasa Portugis sehari-hari.

Tetapi informasi yang paling banyak tentang Basilio adalah soal sepak terjangnya di pemerintahan saat ini. Dia saat ini sekantor dengan Ompung LBP, sang Menko Marves yang kerap tak sungkan mengeluarkan jurus buldosernya. Sekali bergerak, beres! Begitulah gaya kerja LBP.

Di kantor Kemenko Marves alias Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi yang terletak di Jalan Thamrin Jakarta, Basilio punya jabatan mentereng. Sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi. Kalau dalam bahasa Inggris disebut Deputy Minister For Coordination of Maritime Sovereignty and Energy.

Posisi ini setingkat dengan Direktur Jenderal (Dirjen) pada kementerian. Setara dengan bintang tiga alias Letnan Jenderal di TNI, atau Komisaris Jenderal di Kepolisian. Jabatan yang sangat bergengsi, tentu saja.

Sebagai Deputi yang berada langsung di bawah Menko Luhut, Basilio punya tugas dan tanggung jawab yang cukup menantang. Yakni mengkoordinasikan dan mengendalikan kebijakan 7 kementerian dan lembaga yang berkaitan dengan kedaulatan maritim dan energi. Dengan tanggung jawab sebesar itu, waktu luang Basilio menjadi sangat terbatas. Ia pasti kesulitan mencari kesempatan untuk rebahan seperti anak milenial zaman sekarang.

Tapi jangan salah, Basilio rela menyisihkan sedikit waktunya untuk almamater tercinta: Fakultas Sastra dan Bahasa Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta. Buktinya, Basilio yang angkatan 1986 ini dengan senang hati menerima amanah sebagai Ketua Ikatan Alumni Sastra dan Bahasa (Ikafasas UKI) periode 2021-2025.

Basilio yang akrab dengan bahasa Inggris dan Portugis akan memimpin Ikafasas dengan segala tantangannya. Salah satunya agar Fakultas Sastra dan Bahasa UKI semakin diminati. Lewat diplomasi bahasa Portugisnya, saya bermimpi suatu saat nanti Basilio akan berhasil mendatangkan Cristiano Ronaldo bertandang ke kampus UKI.

Selamat Bekerja, Senior Basilio Dias Araujo

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN