Mohon tunggu...
Ishak Pardosi
Ishak Pardosi Mohon Tunggu... Editor - Spesialis nulis biografi, buku, rilis pers, dan media monitoring

Spesialis nulis biografi, rilis pers, buku, dan media monitoring (Mobile: 0813 8637 6699)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Begini Kemegahan Gereja Katolik Santo Yosef Parsoburan

25 Januari 2019   21:10 Diperbarui: 25 Januari 2019   21:16 697 3 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Begini Kemegahan Gereja Katolik Santo Yosef Parsoburan
Gereja dilihat dari foto udara (Foto: Jeff Rekando Lubis)

Gereja Katolik Santo Yosef, Paroki Parsoburan tak lama lagi segera rampung seratus persen. Pada Natal 2018 lalu, gereja ini sebenarnya sudah digunakan untuk pertama kalinya kendati bagian eksteriornya belum sempurna.

Kesan yang pasti muncul saat melihat gereja ini adalah kemegahan, baik dari segi luas dan gaya bangunannya. Luasnya kira-kira seluas lapangan bola, bergaya arsitektur klasik-modern dengan sentuhan gaya Romawi. Bagian luar didominasi warna kuning keemasan dengan sederet tonggak yang menggambarkan kekokohan.

Gereja yang terletak di RT 04 Parsoburan Tengah, Kecamatan Habinsaran, Tobasa, ini ditopang tiga kubah dilengkapi tiga salib, sebagai lambang Trinitas (Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus). Dengan menelan biaya hingga miliaran rupiah, gereja yang terletak di kawasan SD Santo Pius dan SMP Swasta Kartini, ini dipastikan akan rampung seratus persen menjelang pengujung tahun 2019.

Di sekitar gereja, juga terdapat beberapa gedung lain yang digunakan sebagai kantor maupun tempat tinggal Pastor Paroki. Tak lupa, sebuah taman doa dilengkapi Patung Bunda Maria juga tersedia di sebelah kanan depan gereja.

Bangunan gereja ini sendiri juga seratus persen baru, bukan hasil renovasi. Adapun bangunan gereja sebelumnya terletak persis di seberangnya. Sementara bangunan gereja lama akan digunakan sebagai perpustakaan maupun keperluan kerohanian lainnya.

Dengan kemegahan tersebut, gereja Katolik ini sudah layak menjadi salah satu destinasi wisata rohani untuk wilayah Habinsaran sekitarnya.

Interior Gereja (Pribadi)
Interior Gereja (Pribadi)
Taman Doa di dekat pintu masuk gereja (Pribadi)
Taman Doa di dekat pintu masuk gereja (Pribadi)

Lihat juga kemegahan Gereja Katolik Santo Yosef Parsoburan lewat pantauan udara:


Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan