Mohon tunggu...
Panji Satria Harimurti
Panji Satria Harimurti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswa

Mahasiswa semester tua Universitas Diponegoro yang masih mencari jati diri. Apakah menulis menjadi jati diri saya sebenarnya? Siapa tahu kan? :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Emak-emak Belajar Bisnis Online? Emangnya Bisa?

2 Agustus 2021   23:51 Diperbarui: 4 Agustus 2021   18:54 56 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Emak-emak Belajar Bisnis Online? Emangnya Bisa?
Sein kiri tapi belok ke kanan. (Sumber: Sukabumi Update)

Bentar-bentar, guys, tolong jangan menganggap semua emak-emak seperti di gambar di atas ya, guys ! Bisa jadi beberapa cerita tentang emak-emak sampai saat ini itu adalah 'oknum' yang mengatasnamakan Paguyuban Emak-emak se-Nusantara heheheh #canda

Okedeh, kenalin namaku Panji Satria Harimurti, kalian bisa panggil saja Panji. Sekarang ini, aku adalah salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro dari jurusan Manajemen yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang yang sudah menjadi salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi berdampingan dengan pendidikan dan penelitian. Apakah kisahku bakal seperti cerita-cerita KKN yang sempat viral dulu? Penasaran kan? Yuk, simak ceritaku!

KKN di Universitas Diponegoro tercinta dua tahun belakangan ini sangatlah unik, karena berkonsep "KKN Pulang Kampung" dengan metode KKN Individu (walaupun pada pelaksanaannya banyak yang buat tim sih guys huhu aku sendirian nih KKN-nya). 

Apa sih KKN Pulang Kampung atau KKN Individu tuh? Jadi maksudnya mahasiswa nantinya diprioritaskan untuk menjalankan kegiatan di domisili mereka masing-masing, guys, tujuannya adalah untuk semakin mencegah rantai penyegaran Covid-19 dalam kegiatan KKN ini.

Nah, mari kita ke cerita KKN ku. Tiap mahasiswa UNDIP yang ber-KKN wajib membuat dua program utama, dan khusus di narasi berita ini aku bakal nyeritain program pertamaku dulu ya, guys ! Untuk program yang lain simak postinganku selanjutnya, hehehe.

Seperti yang telah aku katakan nih sebelumnya, bahwa aku sedang ber-KKN di Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur. Yap, pasti kalian tau ya salah satu keajaiban dunia yang masih terus dijaga sampai sekarang? Itulah Candi Borobudur, guys ! 

Candi Borobudur (Sumber: Jonathan-Smit | pixabay)
Candi Borobudur (Sumber: Jonathan-Smit | pixabay)

Terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Suka sedih sih kalo para turis mancanegara mengira kalo Candi Borobudur itu terletak di Yogyakarta huhuhu. 

Candi ini pastinya menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional. Semenjak pandemi melanda, seluruh tempat wisata dipaksa untuk tutup, dan akses internasional ke Indonesia pun dibatasi, sehingga banyak warga yang menggantungkan pendapatannya dari sektor pariwisata ini terdampak signifikan.

Oleh karena itu, aku sebagai mahasiswa yang melakukan KKN di desa Wringinputih berusaha mengadakan program yang dapat membantu para warga di desa untuk adaptif terhadap perubahan yang signifikan ini, salah satunya yaitu dengan memperkenalkan warga kepada era digital melalui program "Edukasi mengenai Penggunaan E-Commerce kepada Warga demi Menciptakan Peluang Usaha Baru bagi Masyarakat dalam masa Pandemi."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN