Mohon tunggu...
Pani Afnidiani
Pani Afnidiani Mohon Tunggu... Jangan berputus asa

Hidup akan berubah jika kita bergerak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mempelajari Makna Pancasila sebagai Ideologi Negara

5 Mei 2021   05:30 Diperbarui: 5 Mei 2021   05:31 32 0 0 Mohon Tunggu...

Pancasila merupakan dasar negara yang mengatur kehidupan masyarakat Indonesia. Peran Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangat besar, oleh karena itu jika tanpa Pancasila mungkin tidak akan ada Indonesia yang beragam kebudayaan seperti saat ini.
Pancasila sebagai ideologi negara artinya Pancasila menjadi pedoman oleh masyarakat dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kelima asas Pancasila mengandung Nilai-nilai yang menjadi landasan masyarakat dalam bekerja sama, kehidupan beragama, hak asasi manusia ( HAM ), dan bersosialisasi. Menurut bahasa, ideologi adalah ilmu yang mencakup ilmu kajian asal mula, juga hakikat pikiran atau gagasan. Dapat kita simpulkan bahwa ideologi berarti hasil pemikiran yang isinya mencakup nilai-nilai tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Ideologi dapat juga dikatakan sebagai identitas dari sebuah negara. Karena ideologi sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting untuk sebuah negara, yaitu ideologi digunakan sebagai sebuah hal yang memperkuat identitas sebuah masyarakat negara.
Adapun dibawah ini makna Pancasila sebagai ideologi negara yaitu:
1. Pancasila mengandung nilai-nilai yang dijadikan pedoman dalam rangka mencapai cita-cita yang berhubungan dengan aktivitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Pancasila mengandung nilai-nilai yang mencapai kesepakatan bersama dalam negara dan sebagai sarana menyatukan bangsa hingga menjadi satu kesatuan yang terikat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x