Mohon tunggu...
pandu hakim
pandu hakim Mohon Tunggu... Lainnya - Marketing Enthusiast

Newbie

Selanjutnya

Tutup

Money

Bagaimana Teknologi SaaS Memberi Dampak kepada Bisnis Skala Kecil

20 November 2020   13:00 Diperbarui: 20 November 2020   13:00 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Contoh area penjualan produk source : Advotics

Apakah Anda sudah mendengan tentang  SaaS dan apakah SaaS sebenarnya?

Software-as-a-service (SaaS) adalah perangkat lunak berbasis cloud yang dapat di akses masuk secara online dimana pengguna bisa langsung menggunakan tanpa harus tahu tehnik penyimpanan dan pengolahan datanya.  

kelebihan dari layanan ini antara lain :

  1. Penggunaan layanan ini merupakan solusi ramah lingkungan, karena tidak membutuhkan konsumsi listrik dalam jumlah besar. Hal ini dapat membantu kita dari sisi cost-efficiency.
  2. Reabilitas dan keamanan. Infrastruktur SaaS berada di cloud sehingga perangkat lunak akan selalu updated solusi ini jauh lebih aman dibandingkan dengan sistem perangkat lunak tradisional yang rentan dalam segi keamanan.
  3. Cloud computing merupakan sistem yang sudah terintegrasi dengan server pusat, sehingga pengguna tidak perlu mengadakan pemeliharaan atau maintenance secara berkala.

Terkait dengan judul artikel. layanan SaaS menawarkan lebih banyak fleksibilitas finansial dan membantu  para penggiat usaha dalam tantang bisnis di market juga memberikan solusi-solusi dari masalah yang biasa dihadapi dalam mengelola usaha.

Tantangan


Salah satu tantangan terbesar dalam industri skala kecil adalah penjualan dan pemasaran produk. Katakanlah Anda adalah produsen produk makanan beku. Anda sudah memiliki jaringan toko di kota Anda untuk menjual produk Anda, penjualan Anda stabil dan memenuhi target. Lalu, apa selanjutnya? Apakah ini waktu yang tepat untuk ekspansi? Di samping itu, Anda mempunyai keterbatasan anggaran dalam memperkerjakan agen lapangan. Dari aspek biaya, penambahan agen lapangan baru mampu mengurangi skalabilitas bisnis secara umum. Jadi bagaimana Anda mengakuisisi toko baru untuk menjual produk Anda tanpa perlu menambahkan lebih banyak agen lapangan?  

Solusi

Solusi untuk toko-toko yang sudah menjadi partner, pertimbangkan untuk memakai solusi strategi pemasaran dan CRM. Pemilik toko mampu mengisi sendiri sales order dan permintaan perawatan atau perbaikan secara mandiri.

Selain pemeriksaan bulanan atau bahkan mingguan, agen lapangan hanya akan mengunjungi toko untuk acara-acara khusus seperti ketika pesanan dalam jumlah besar datang, atau ketika produsen prinsipal memiliki produk baru untuk diluncurkan.

Dengan inisiatif ini, agen lapangan sekarang memiliki banyak waktu untuk mengakuisisi toko baru. Di sisi lain, target atau KPI (Key Performance Indicators) agen lapangan dapat disesuaikan untuk mendaftarkan lebih banyak pemilik toko dalam aplikasi seluler. Melalui cara ini, produsen dapat memperluas distribusinya tanpa menambah agen lapangan. dengan solusi ini Anda selaku pemilik usaha bisa fokus dalam strategi pemasaran produk Anda dan berinovasi dengan menciptakan varian produk yang dapat diterima di market dan menciptakan bisnis yang sustain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun