Mohon tunggu...
Panca Nugraha
Panca Nugraha Mohon Tunggu... profesional -

Saya seorang wartawan, penulis. Bekerja sebagai koresponden harian The Jakarta Post untuk wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selanjutnya

Tutup

Politik

Amerika-Indonesia Punya Kesamaan dalam Keberagaman

30 Mei 2017   10:22 Diperbarui: 30 Mei 2017   10:50 2122 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Amerika-Indonesia Punya Kesamaan dalam Keberagaman
Dubes AS Joseph Donovan bersama Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi di Islamic Center NTB.(Foto/The Jakarta Post)

Motto nasional Amerika Serikat E Pluribbus Unum dan Bhineka Tunggal Ika di Indonesia mencerminkan komitmen kuat dua negara itu untuk masalah kesatuan dalam keberagaman

Duta Besar Amerika Serikat, Mr Joseph Donovan mengatakan, peringatan harikemerdekaan AS di Indonesia menegaskan kemitraan strategis yang bertahan antaraIndonesia dan AS, sekaligus ingin menegaskan nilai-nilai bersama yang dimilikikedua negara.

"Motto nasional AS E Pluribbus Unum dan Bhineka Tunggal Ikamencerminkan komitmen kuat kita untuk kesatuan dalam keberagaman,"kataDonovan, dalam perayaan hari kemerdekaan AS, Rabu malam, 17 Mei di hotelSheraton Senggigi, Lombok Barat, NTB.

Ia mengatakan, AS dan Indonesia juga berkomitmen pada kemitraan strategisberdasarkan komitmen bersama untuk membangun pertumbuhan ekonomi, pembangunan,perdagangan internasional, dan kerjasama maritim. AS dan Indonesia juga dinilaimemiliki banyak kesamaan, rakyat beragam dan wilayah yang luas juga beragametnis dan agama.

Menurut Donovan, semangat toleransi dalam keberagaman yang ada di AS danIndonesia, adalah satu nilai yang bukan hanya dihargai  negara tapi jugadijunjung tinggi oleh masyarakat. 

"Kami bangga pada Indonesia. Sama seperti Amerika, Indonesia juga punyakekuatannya dalam keberagaman. Dan kami berterimakasih atas inspirasi besarIndonesia pada dunia,"katanya.

Ia menjelaskan, perayaan hari kemerdekaan AS setiap tahun selalu ditandaidengan perayaan yang tak hanya mempertemukan keluarga atau teman dekat semata,tetapi juga semua kelompok yang berbeda latar belakang etnis dan agama sambilmengenang jasa para pendahulu yang sudah melakukan sesuatu sehingga bisadinikmati generasi saat ini.

"Salah satu gagasan utama dalam perayaan seperti ini adalah semua orangterlahir setara, sehingga harus dihargai hak tradisi dan keberagamanmereka," katanya.

Dengan banyaknya kesamaan AS dan Indonesia, Donovan menilai kemitraan duanegara merupakan kemitraan alami, untuk  kepentingan ekonomi dan keamanaandi dua negara berdasarkan pentingnya toleransi dan keberagaman.

Independence day Amerika yang jatuh pada 4 Juli, dirayakan lebih cepat diIndonesia, untuk menghormati bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x