Mohon tunggu...
Diyah Pancaly
Diyah Pancaly Mohon Tunggu... Guru - SMA SYAICHONA CHOLIL Samarinda

Smart-beauty-elegant

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

PBL sebagai Problem Solving

21 November 2022   21:15 Diperbarui: 22 November 2022   12:06 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Problem Based learning sebagai Problem Solving dalam Belajar Bahasa Inggris

Pendidikan adalah salah satu faktor yang sangat penting pada masa saat ini. Dengan berkualitasnya pendidikan yang diberikan kepada pelajar diharapkan akan menjadi dampak yang baik untuk kehidupan yang akan datang. Selain dalam pengetahuan juga dapat menjadi dampak baik pagi pola pikir dan sikap pelajar.

Pada masa saat ini proses pendidikan disekolah masih banyak yang meniti beratkan pada aspek kognitif nya dan kurang dalam psikomotorik. Pemilihan pendekatan dan metode ajar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan semua aspek yang dibutuhkan pelajar dalam meningkatkan kemampuan belajarnya disekolah.

      Pembelajaran bahasa dalam ruang lingkup sekolah tidak lepas dari peran lingkungan dan bahasa ibu dari para siswa. Pembelajaran Bahasa Inggris masih dianggap sulit dikarenakan beberapa faktor yaitu: kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa asing, tidak adanya daya dukung dari lingkungan luar sekolah dan masih banyak lagi. Kegiatan yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa pada bahasa inggris adalah awal yang dapat diambil oleh para pengajar sebagai alternatif.

       Memberikan sebuah masalah pada kegiatan awal pembelajran yang dilakukan pada metode pembelajaran Problem Based learning dianggap mampu meningkatkan cretivity dan critical thingking siswa. 

Menghidupkan suasana siswa diawal pembelajran dengan pemberian pertanyaan atau gambar yang dapat membuat siswa lebih tertarik untuk ikut serta dalam keberlangsungan pembelajaran. 

Metode pembelajaran problem based learning merupakan kegiatan yang mengajak siswa untuk menemukan sendiri problem solving dari materi yang diberikan dengan beberapa tahapan yang telah ditentukan. 

Tahapan-tahapan dalam menentukan problem solving antara lain mengidentifikasi maslah yang di berikan, berdiskusi dan mencari informasi terkait masalah yang diberikan, mengkonfirmasi hasil penyelesaian maslah yang telah ditemukan bersama teman dan guru.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun