Mohon tunggu...
Pendidikan

Motivasi mengikuti E-Training Guru Melek IT (Dogmit) Angkatan 6 Tahun 2018

21 Desember 2018   19:11 Diperbarui: 21 Desember 2018   19:38 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saya Pamong Suryaningtias, M. Pd adalah seorang guru IPA di SMP Yaspen Tugu Ibu 2 Depok. Keinginan untuk mengikuti E-Training Guru Melek IT (Dogmit) ini sebenarnya sudah timbul sejak dibukanya angkatan 3, namun karena kurangnya motivasi dari dalam diri saya, maka saya masih maju mundur untuk mendaftar atau registrasi ditambah lagi melihat biaya yang cukup lumayan membuat keinginan tersebut hanya sampai tahap pendaftaran/registrasi saja belum mentransfer biaya untuk E-Training ini, tetapi saya masih berharap mungkin di lain waktu atau angkatan setelahnya saya dapat mengikutinya.

Sambil menunggu E-Training angkatan selanjutnya, saya mencoba mencari informasi bagaimana menggunakan atau memanfaatkan IT untuk pembelajaran terutama untuk membuat soal online. Alhamdulillah, saya mendapat informasi bahwa ada pelatihan Menggunakan Scratch Editor dalam pembelajaran yang diselenggarakan oleh Puspendik Kemendikbud, saya mencoba untuk mendaftarkan diri dan Alhamdulillah dari sekian banyak pendaftar, saya terpilih sebagai peserta. 

Dalam Diklat tersebut, kami para peserta diperkenalkan dengan Metode Kahoot yaitu melakukan ulangan atau tes secara online namun mengasyikkan sehingga para siswa tidak merasa bosan bahkan mereka seperti sedang bermain karena dapat menggunakan handphone masing-masing.  Sejak saat itu, saya mulai bertekad akan terus berusaha menggunakan IT dalam pembelajaran dan senantiasa mengupdate informasi tentang pemanfaatan IT dalam pembelajaran.

Sedang asyiknya membaca WA ada teman yang memposting (BC) tentang Diklat Guru Melek IT, maka tanpa berfikir panjang saya langsung mendaftar, dan Alhamdulillah tidak berapa lama saya mendapat informasi bahwa saya telah diterima sebagai peserta. 

Dalam Diklat tersebut kami diperkenalkan mengenai Google Drive dan Google Form, sebagai salah satu wadah atau sarana untuk menyimpan file/data secara online (penyimpanan awan) dengan salah satu kelebihannya tidak bisa diserang virus (lebih aman) disamping itu dengan menggunakan Google Form kita dapat membuat soal online, yang dapat diakses langsung oleh siswa melalui Handphone atau laptop/komputer.

Hausnya saya mengenai ilmu tentang pemanfaatan IT dalam pembelajaran tidak sampai di sini, di grup WA yang saya miliki ada BC atau postingan tentang Diklat Online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog), berbekal keinginan tersebut maka saya segera mendaftar diklat tersebut karena saya ingin mengetahui apa itu Blog, bagaimana cara membuatnya dan apa saja pemanfaatannya. 

Alhamdulillah, dalam diklat tersebut bukan hanya diajarkan bagaimana membuat blog, tetapi juga memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran salah satunya untuk membuat bahan ajar dan soal/tes online. Ilmu tentang pembuatan soal online melalui Google Form ternyata tidak sia-sia, saya dapat menerapkannya dan memasukkannya di dalam blog yang sudah saya buat.

Pucuk dicinta ulam tiba, saya sedang membaca beberapa pesan WA dan salah satunya adalah dari admin Dogmit yaitu ajakan untuk mengikuti E- Training Guru Melek IT Angkatan 6 Periode tanggal 19 - 28 Desember 2018, saya mendapat kabar tersebut H-1 tepatmya tanggal 18 Desember 2018, berarti tinggal satu hari lagi Diklat tersebut akan dimulai, berbekal pengalaman tersebut di atas, tanpa berfikir panjang lagi, saya langsung mendaftar dan mentransfer biayanya, bagi saya bukan masalah biayanya yang penting adalah ilmu yang didapatkan pasti lebih banyak dari pada harga atau biaya yang telah ditransfer. 

Saya berharap semoga dapat mengikuti dan menyelesaikan seluruh agenda materi dan kegiatan yang telah disusun, dan saya sangat berterima kasih sekali kepada para guru terutama kepada bapak Sukani yang telah memberikan ilmunya kepada para peserta, dengan bimbingan dan arahan serta motivasi dari para guru dan juga seluruh teman (peserta) kita semua dapat menyelesaikan Diklat ini dengan baik dan mendapatkan hasil yang diharapkan dan memuaskan. Aamiin Yaa Robbal' aalamiin....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun