Mohon tunggu...
Palupi Widayati
Palupi Widayati Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswi Ilmu Komunikasi, konsentrasi Komunikasi Massa dan Digital, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Mahasiswi Ilmu Komunikasi, konsentrasi Komunikasi Massa dan Digital, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

5 Tuntutan Jurnalis dan Perubahan Pola Konsumsi Media

20 Februari 2019   20:41 Diperbarui: 21 Februari 2019   15:06 828
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumen pribadi-membuat sendiri

Perbedaan Media 

Media mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya teknologi. Media dulu atau yang dikenal dengan media konvensional, hanya mengandalkan media cetak (surat kabar) dan media elektronik (televisi dan radio).

Media konvensional sebagai media berita memiliki nilai aktual dengan jarak waktu yang tertunda antara terjadinya perisitiwa dan khalayak menerima informasi.

Hal itu disebabkan karena media cetak membutuhkan waktu lebih lama untuk mengolah informasi dan menuangkannya dalam bentuk tulisan, serta kemudian mencetaknya. Sehingga penyampaian informasi dari peristiwa terjadi hingga sampai ke khalayak.

Media baru atau yang kita kenal sekarang dengan media online yang berbasis internet, hadir memberikan informasi tanpa jeda waktu yang panjang. Bahkan dalam hitungan detik, sebuah informasi tentang peristiwa yang terjadi dapat diterima oleh khalayak.

Media baru memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan media konvensional.

Karakteristik media baru adalah digitally, interactivity, hypertextual, networked, virtual, and simulated. Karakteristik-karakteristik media baru hadir sebagai pembeda dengan media konvensional.

Informasi atau berita saat ini tidak lagi terpisah-pisah antara teks, foto, audio, dan video. Saat ini informasi atau berita sudah menjadi satu kesatuan antara ketersediaan teks, foto, audio atau video, dan bahkan interaktivitas dan hal yang virtual sudah dihadirkan bersama.

Perubahan Pola Konsumsi Media 

Hadirnya media baru sebagai salah satu pilihan baru membuat pola konsumsi khalayak terhadap media berubah.

Pola konsumsi khalayak tentang media saat ini berkaitan dengan tingkat posisi kesenjangan digital yang dimiliki. Maksudnya adalah, saat ini konsumsi media berhubungan dengan apakah khalayak memiliki alat digital sebagai perantara, apakah alat digitalnya mampu menjangkau sinyal-sinyal internet yang bagus atau kurang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun