Mohon tunggu...
Yudha Hari Wardhana
Yudha Hari Wardhana Mohon Tunggu... Penulis - I'm a writerpreneur

Menulis adalah jalan hidupku. Semoga menjadi matahari untuk semesta

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Benteng Kedung Cowek, Jejak Keberanian yang Terlupakan

9 November 2021   00:51 Diperbarui: 9 November 2021   01:13 58 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
paksikencanawriting.blogspot.com

Masyarakat Indonesia, termasuk warga Surabaya sendiri, mungkin hanya akan menyebut Hotel Majapahit, gedung RRI  dan Jembatan Merah sebagai bangunan bersejarah terkait pertempuran 10 November 1945. Sedangkan benteng Kedung Cowek yang ada di Surabaya Utara, agak terlupakan. Bahkan banyak warga Surabaya yang belum tahu keberadaannya. Padahal dari benteng Kedung Cowek juga terjadi perlawanan sengit arek-arek Suroboyo melawan pasukan Sekutu yang dimotori Inggris dan Belanda.

Sekarang memang tidak ada lagi kolonialisme asing di atas bumi nusantara. Namun bukan berarti jejak sejarah perjuangan mereka yang telah mengorbankan jiwa ragaya untuk kemerdekaan negeri ini ditelantarkan begitu saja. Sangat menarik jika benteng Kedung Cowek bisa dijadikan destinasi wiisata sejarah. Bersama Hotel Majapahit, gedung RRI dan Jembatan Merah, benteng Kedung Cowek bisa ikut mengirimkan sinyal keberanian kepada generasi penerus bangsa. Berani berjuang mempertahankan dan memajukan negeri ini sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan