Mohon tunggu...
Pak Guru Fahriza official
Pak Guru Fahriza official Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Diskusi dan Presentasi

7 September 2022   09:37 Diperbarui: 7 September 2022   09:46 242 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diskusi Dan Presentasi

Medan, 7 September 2022. Siswa kelas 5 SD Persa Sekolah Juara Medan belajar tentang tanggung jawab. Pembelajaran dimulai dengan siswa membaca teks tentang macam - macam tanggung jawab. Kemudian siswa mendapat penjelasan tentang pengertian tanggung jawab dari guru kelas.

Setelah sesi penjelasan selesai. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri dari 4 - 5 siswa. Pembagian kelompok ini dilakukan dengan games hitung cepat. Setelah kelompok terpilih. Pak Guru meminta siswa untuk berdiskusi mengenai jenis - jenis tanggung jawab sebagai warga negara, masyarakat, sekolah, Tanggung jawab kepada Tuhan dan terhadap diri sendiri.

Setiap kelompok mendiskusikan tema yang  berbeda disesuaikan dengan kesiapan belajar siswa. Kelompok yang berisi siswa yang lebih baik pemahamannya akan mendapat tema yang lebih sulit. Sehingga mereka bisa menyelesaikan diskusi tepat waktu. 

Proses ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pembelajaran diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa. Setelah melakukan diskusi dalam pengawasan guru kelas selama 35 menit. Siswa diminta untuk berbagi informasi kepada teman teman kelompok lain.

Proses berbagi informasi ini dilakukan dengan melakukan presentasi hasil diskusi kelompoknya. Seru sekali saat mereka presentasi. Ada yang sangat percaya diri ada juga yang masih malu - malu. Presentasi bertujuan untuk melatih percaya diri siswa untuk berbicara didepan umum. Setiap kelompok sudah maju dan kelompok yang lain ikut mencatat informasi penting yang didapat dari proses berbagi informasi tersebut.

Kegiatan akhir ditutup dengan melakukan refleksi. Menanyakan pembelajaran apa yang didapat hari ini. Bagaimana perasaan mereka. Kemudian bersama - sama menyimpulkan materi yang dipelajari. Seru sekali kata mereka serentak ketika ditanya bagaimana belajar kita hari ini. Tetap semangat ya siswa kelas 5 SD Persa. Semoga kalian bisa menjadi juara dunia dan akhirat. Aamiin 

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan